Kamis 30 April 2020, 18:35 WIB

DPRD Dukung Anies Batasi Warga Balik dari Kampung

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
DPRD Dukung Anies Batasi Warga Balik dari Kampung

ANTARA
Personel gabungan melakukan pengawasan untuk kendaraan yang akan mudik di Pintu Tol Serang Timur (27/4)

 

WAKIL Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani mendukung kebijakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk membatasi warga yang kembali ke Jakarta usai mudik. Hal tersebut bukan berarti menutup Jakarta dari pendatang melainkan untuk mencegah penularan Covid-19.

Menurut data Kementerian Perhubungan, sudah 900 ribu warga mencuri start dengan mudik terlebih dulu sebelum adanya larangan resmi mulai 24 April lalu.

Baca juga: Pekerja Terdampak Covid-19 Diberikan Relaksasi Iuran BPJS

"Membatasi kemungkinan masyarakat yang masuk ke Jakarta, Pak Anies sudah melakukan hal yang tepat. Saya anggap ini keputusan yang bijak sekarang," kata Zita saat dihubungi Media Indonesia, Kamis (30/4).

Saat ini angka pertambahan kasus positif di Jakarta sudah cukup menurun. Menurut politikus PAN itu, Pemprov DKI Jakarta harus berupaya semaksimal mungkin tren positif ini dan menjaga agar tidak terjadi ledakan kasus covid-19.

"Mengingat saat ini angka penyebaran Covid-19 di DKI sudah menurun drastis. Pemerintah harus mempertahankan kondisi ini dengan mempersempit kemungkinan masyarakat masuk ke Jakarta. Niatnya tentu jelas baik, ingin menjaga kesehatan warga DkI Jakarta," ungkap Zita.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana menelurkan kebijakan baru untuk membatasi warga yang sudah mudik dan hendak kembali ke Jakarta saat arus balik nanti.

Menurutnya hal tersebut harus dilakukan untuk menjaga warga dari infeksi virus korona. Kebijakan ini direncanakan Anies setelah berembuk dan mempertimbangkan dengan matang bersama para ahli epidemiologi.

"Sesudah lebaran kali ini kita akan pengetatan harus lindung. Karena kita harus lindungi warga. Saya sampaikan kepada semua, bila anda meningalkan jakarta belum tentu anda bisa pulag cepat ke Jakarta. Di tempat ini kita lakukan pembatasan atas mereka mudik. Karena keselamatan nomor satu. bila merencanakan mudik. Pikirkan. belum tentu bisa pulang cepat," tegasnya. (OL-6)

Baca Juga

Dok MI

Polisi Tembak Mati Dua Perampok Minimarket

👤Tri Subarkah 🕔Jumat 05 Juni 2020, 20:13 WIB
Dua pelaku yang tertembak mati sempat mengeluarkan senjata api dan berusaha melumpuhkan anggota...
Ilustrasi

Pasien Covid-19 Sembuh di Jakarta Tambah 143 Orang

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 05 Juni 2020, 20:10 WIB
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi DKI Jakarta menyampaikan perkembangan terkini...
MI/Susanto

Rapid Test 164.139 Orang di Jakarta, 6 Ribu Reaktif

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 05 Juni 2020, 19:33 WIB
Ani menjelaskan untuk warga yang hasil rapid tes reaktif ditindaklanjuti dengan pemeriksaan swab secara PCR untuk menegakkan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya