Kamis 30 April 2020, 15:40 WIB

Puing Helikopter Milik Militer Kanada Ditemukan di Laut Ionia

Deri Dahuri | Internasional
Puing Helikopter Milik Militer Kanada Ditemukan di Laut Ionia

AFP/File / DANIEL MIHAILESCU
Kapal fregat militer Kanada Fredericton yang bagian dari NATO melakukan patroli.

 

PUING-puing dari helikopter militer Kanada yang beroperasi sebagai bagian dari pasukan pengintai NATO telah ditemukan di laut antara Yunani dan Italia, sumber militer Yunani mengatakan Kamis (30/4).

Helikopter itu ditempatkan di kapal fregat militer Kanada Fredericton. Helikopter yang dilaporkan hilang terbang untuk melakukan patroli.

"Puing-puing telah ditemukan di zona kendali dan kewenangan Italia di Laut Ionia’’, kata sumber militer kepada AFP. Pihak  militer memastikan bahwa puing-puing itu helikopter milik militer Kanada.

"Yunani telah mengirim helikopter laut untuk berpartisipasi dalam operasi penyelamatan," kata sumber itu.

Dalam insiden tersebut, enam kru yang naik helikopter ketika menghilang pada Rabu (29/4).

Televisi publik Yunani melaporkan bahwa ada mayat yang ditemukan di tengah reruntuhan perairan internasional di lepas pantai Pulau Kefalonia, Yunani. Tetapi sumber militer tidak segera mengkonfirmasi laporan itu.

Angkatan bersenjata Kanada sebelumnya mengeluarkan pernyataan yang mengonfirmasi bahwa pencarian sedang dilakukan setelah kontak hilang dengan helikopter.

"Ada situasi yang berkembang mengenai salah satu helikopter Siklon CH-148 kami, yang dikerahkan di atas kapal HMCS Frederiction, yang saat ini berkontribusi pada Operasi Reasurance," kata angkatan bersenjata Kanada dalam sebuah pernyataan.

"Kontak terputus dengan pesawat karena berpartisipasi dalam latihan Sekutu di lepas pantai Yunani. Upaya pencarian dan penyelamatan saat ini sedang berlangsung," tambahnya.

Pernyataan itu tidak memberikan perincian tentang berapa banyak personil yang ada di kapal. Namun laporan awal mengatakan helikopter itu telah melintasi perairan internasional 50 mil laut dari Kefalonia. Demikian dilaporkan angkatan udara Yunani.

Fregat Italia, Yunani dan Turki juga mengambil bagian dalam patroli yang telah pindah dari Yunani ke perairan Italia pada hari Rabu, dengan fregat Yunani yang tersisa di perairan Yunani.

Angkatan laut dan udara Yunani siap membantu dalam operasi penyelamatan "jika Italia memintanya," sebuah sumber militer mengatakan kepada AFP sebelumnya.

Seorang juru bicara untuk Markas Besar Sekutu Sekutu Eropa (SHAPE), yang merencanakan dan melaksanakan semua operasi NATO, menambahkan, "Saya mengkonfirmasi ada insiden yang melibatkan helikopter dari sebuah kapal di bawah komando NATO.”

"Saat ini ada operasi pencarian dan penyelamatan sedang dilakukan dan pemberitahuan nasional sedang berlangsung," tambah pihak SHAPE. (AFP/OL-09)

Baca Juga

Dok.MI

Jokowi Kecam Sikap Macron yang Hina Islam

👤Andhika prasetyo 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 15:45 WIB
PPRESIDEN Joko Widodo atau biasa dispa Jokowi mengecam keras tindakan Presiden Prancis Emmanuel Macron yang terang-terangan menghina...
AFP

Lonjakan Covid-19, Pejabat UE Minta Pembatasan yang Lebih Luas

👤Nur Aivanni 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 14:20 WIB
PEJABAT Uni Eropa (UE) memperingatkan Eropa agar siap untuk pembatasan covid-19 yang lebih luas karena infeksi melonjak di seluruh...
AFP/OZAN KOSE

BMKG: Gempa Turki Terjadi Akibat Sesar Sisam yang Pecah

👤Suryani Wandari Putri Pertiwi 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 14:20 WIB
Sesar Sisam dekat Pulau Samos 'pecah' dekat Menderes Graben, wilayah dengan sejarah panjang gempa dengan sesar...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya