Kamis 30 April 2020, 15:39 WIB

Bansos Sudah Jangkau Separuh Masyarakat Indonesia

M. Ilham Ramadhan Avisena | Humaniora
Bansos Sudah Jangkau Separuh Masyarakat Indonesia

Ilustrasi
Bantuan sosial

 

SEPARUH dari warga Indonesia telah terjangkau oleh bantuan sosial yang diberikan pemerintah dalam menangani dampak pandemi covid-19.

"Sekarang ini dengan ekspansi bansos termasuk kartu prakerja kita perkirakan masyarakat yang mendapatkan bantuan pemerintah itu bisa mencapai 60% desil terbawah, 50% sampai 60%. jadi lebih dari separuh rakyat kita tersentuh oleh bansos melalui satu atau lain hal," ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam Rapat Kerja bersama Komisi XI DPR, Kamis (30/4).

Diketahui pemerintah telah memperluas jaring pengaman sosial dalam paket kebijakan stimulus ketiga sebesar Rp405,1 triliun. Pada pos pengaman sosial, pemerintah menganggarkan dana sebesar Rp110 triliun.

Besaran anggaran itu meliputi ditambahnya anggaran Program Keluarga Harapan (PKH) sebesar Rp8,3 triliun. Skema pencairannya pun diubah yang sebelumnya 3 bulan sekali menjadi satu bulan sekali sejak April 2020 dengan target penerima manfaat sebanyak 10 juta keluarga.

Pemerintah juga menaikkan anggaran anggaran Kartu Sembako Rp15,5 triliun. Jumlah penerima manfaat pun turut ditambah menjadi 20 juta keluarga.

Pun demikan dengan program Kartu Prakerja yang dinaikkan anggarannya sebesar Rp10 triliun untuk menjangkau 5,6 juta orang yang ter-PHK, dirumahkan, maupun pelaku usaha kecil yang pendapatannya terganggu akibat pandemi covid-19.

Kemudian ialah bertambahnya fungsi dana desa menjadi Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi warga desa. Anggaran BLT-Dana Desa setidaknya disiapkan sebesar Rp22,4 triliun yang berasal dari pagu Dana Desa Rp72 triliun. Jumlah sasaran dari BLT-Dana Desa yakni sebanyak 12,3 juta keluarga di desa-desa.

"Jadi dukungan untuk rumah tangga tadi bisa mencakup 103 juta individu Indonesia yang mendapatkan bansos atau sekitar 29,1 juta keluarga. ini sudah mencakup hampir di atas 40% terbawah dari penduduk Indonesia," pungkas Sri Mulyani. (OL-2)

 

Baca Juga

MI/PIUS ERLANGGA

2.562 Pasien Sembuh dari Covid-19 di Wisma Atlet

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 11:17 WIB
Sejak 23 Maret hingga hari ini ada 4.227 pasien yang terdaftar menjalani perawatan penyakit menular...
AFP

WHO Lanjutkan Penggunaan Hirdroksiklorokuin untuk Obat Covid-19

👤Atalya Puspa 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 09:50 WIB
"Profil keamanan HCQ sudah lama diketahui, namun sebelum dilakukan randomisasi secara elektronik untuk menentukan obat mana yang akan...
MI/Ardi Teristi Hardi

Mulai 15 Juni, UGM Longgarkan Pembatasan Maksimal di Kampus

👤Ardi Teristi Hardi 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 08:52 WIB
Rektor UGM Panut Mulyono menyampaikan, untuk menuju tatanan kenormalan baru, pelonggaran pembatasan maksimal kegiatan di kampus UGM akan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya