Kamis 30 April 2020, 13:14 WIB

Pandemi Belum Berlalu, Jokowi Ingatkan Bantu Pedagang Kecil

Hilda Julaika | Ekonomi
Pandemi Belum Berlalu, Jokowi Ingatkan Bantu Pedagang Kecil

Antara/Aprillio Akbar
Pedagang kecil mendorong gerobak dekat mural bertema pencegahan covid-19.

 

PANDEMI covid-19 memukul hampir seluruh sektor ekonomi di Tanah Air. Mulai dari sektor penerbangan, pariwisata, hingga transportasi.

Pemerintah pun berupaya menyiapkan sejumlah isnentif. Presiden Joko Widodo mengingatkan pemerintah daerah (pemda) untuk memperhatikan masyarakat kecil dari sektor informal. Seperti, pedangan kaki lima, tukang gorengan dan warung kecil.

Baca juga: Terdampak Pandemi, Pemerintah Siapkan Skema Perlindungan UMKM

“Saya minta gubernur menjangkau sektor informal. Seperti pedagang kaki lima, tukang gorengan, tambal ban, warung kecil dan sebagainya. Jumlah yang seperti ini sangat besar,” ujar Jokowi, sapaan akrabnya, saat membuka Musrenbangnas 2020 & Penyusunan RKP 2021 Kementerian PPN/Bappenas yang berlangsung secara virtual, Kamis (30/4).

Lebih lanjut, Kepala Negara mengingatkan agar tidak hanya sektor formal dan usaha besar yang dibantu. Namun juga usaha kecil, menengah, bahkan sektor informal. Terutama masyarakat kecil, seperti pedagang kaki lima, yang jumlahnya sangat besar. Jokowi menekankan kelompok tersebut membutuhkan bantuan negara lewat jaring pengaman sosial.

Baca juga: Pandemi Covid-19 Bikin Sengsara Industri Kecil Makanan

“Sebagian besar dari mereka tidak bersentuhan dengan bank atau lembaga keuangan. Saya minta para gubernur untuk melakukan program yang sama untuk mereka. Itu dengan memperluas stimulus ekonomi yang sudah disipakan pemerintah pusat,” bunyi instruksi Jokowi.

Presiden juga meminta pemda menyiapkan skema yang jelas dan tranparan dalam menjalankan program mitigasi dan respons dampak pandemi terhadap perekonomian di daerah.(OL-11)

 

Baca Juga

MI/Bary Fathahilah

KSPI: New Normal? PSBB Saja Banyak Tidak Patuh

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Selasa 02 Juni 2020, 19:11 WIB
Pemerintah diminta mengganti istilah new normal menjadi physical distancing yang terukur. Sebab, dinilai lebih mudah dipahami masyarakat...
DOK BUKOPIN

Mengenal Lebih Dekat KB Kookmin Bank

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 02 Juni 2020, 19:09 WIB
Bank yang berbasis di Korea tersebut tercatat sebagai bank dengan pencapaian net income terbesar di Korea sepanjang tahun...
DOK KEMENTAN

Bupati Landak Dukung Demplot Padi 5 Varietas Unggul

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 02 Juni 2020, 18:46 WIB
Kehadiran kegiatan demplot varietas unggul bersertifikat pun berdampak nyata pada petani yakni bisa melihat secara langsung jenis padi yang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya