Kamis 30 April 2020, 12:40 WIB

Kelistrikan Aman Walau Ubur-ubur Penuhi Perairan PLTU Paiton

Antara | Nusantara
Kelistrikan Aman Walau Ubur-ubur Penuhi Perairan PLTU Paiton

Istimewa
Ubur-ibur di perairan PLTU Paiton Probolinggo (30/4)

 

Perusahaan Listrik Negara (PLN) menginformasikan ada ribuan ubur-ubur yang memenuhi perairan di Perusahaan Listrik Tenaga Uap (PLTU) Paiton 1 dan 2 di Probolinggo, Jawa Timur. PLTU tersebut dikelola anak perusahaan PLN, PT PJB
(Pembangkitan Jawa Bali).

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari PT PLN di Jakarta, Kamis (30/4), kondisi kelistrikan dalam keadaan aman tanpa adanya gangguan dari ubur-ubur.

PLN mengatakan kejadian kali ini bukan yang pertama kali. Menurut PLN, kejadian ini pernah terjadi, yakni tahun 2016. Alhasil, kali ini PLN bisa lebih mengantisipasinya.

Baca juga: Gubernur Jateng Kecewa Warga Semarang Tidak Disiplin

PT PJB juga menyiapkan berbagai langkah penanganan untuk menjaga keberlangsungan penyediaan listrik di pembangkit yang memiliki daya terpasang 800 MW ini agar tidak terganggu.

Selain itu, PJB memastikan akan menjaga biota laut ini tidak masuk ke dalam mesin pembangkit dengan hati-hati dan ramah lingkungan. Tentu tindakan ini bertujuan agar ubur-ubur tetap terjaga kelestariannya.

Cara yang dilakukan adalah dengan memakai pengamanan jaring tiga lapis di dekat mesin pembangkit. Jaring pengaman diletakkan di 'canal intake', mesin pompa, dan depan area mesin.

Dalam hal ini, PLN menggandeng nelayan sekitar untuk membantu pengamanan dengan menggunakan 7 perahu selama 24 jam yang terdiri atas 15 personel. (OL-14)

Baca Juga

MI/Gaudensius Suhardi

Warga Diaspora Manggarai Surati Gubernur NTT dan Bupati

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Rabu 03 Juni 2020, 20:26 WIB
"Kami minta agar menaati bebeberapa regulasi tersebut dan menghentikan semua proses pemberian izin atas rencana pembangunan pabrik...
MI/Arnold

Mulai 5 Juni ASN Bali Kerja Kembali Dalam Kenormalan Baru

👤Ruta Suryana/Arnoldus Dhae 🕔Rabu 03 Juni 2020, 19:25 WIB
GUBERNUR Bali Wayan Koster menyampaian kebijakan soal sistem kerja pegawai aparatur sipil negara (ASN) dalam tatanan kenormalan baru. Mulai...
MI/Dwi Apriani

Kemenag Sumsel: Pengembalian Uang Pelunasan Haji Hanya 9 Hari

👤Dwi Apriani 🕔Rabu 03 Juni 2020, 19:16 WIB
Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama mencatat ada 198.765 jemaah haji reguler yang melunasi Bipih...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya