Kamis 30 April 2020, 11:06 WIB

4 WNA Asal India di Yogyakarta Positif Covid-19

Agus Utantoro | Nusantara
4 WNA Asal India di Yogyakarta Positif Covid-19

DOK Pemda DIY
11 warga negara India yang diinapkan di Gedung Bandiklat Gunung Sempu, Kasihan, Bantul semuanya dalam keadaan sehat.

 

SEKRETARIS Daerah DIY, Kadarmanta Baskara Aji mengatakan dari 15 WNA asal India yang menjalani pemeriksaan kesehatan di rumah sakit rujukan covid-19 pada Senin (27/4) lalu, empat orang di antaranya positif covid-19.

"Pasien positif tersebut berjumlah 4 orang itu, kini tengah menjalani perawatan di RSPAU Hardjolukito," kata Kadarmanta, Rabu (28/4).

Adapun empat WNA  yang dinyatakan positif covid-19 tersebut diperiksa bersama dengan 11 rekan lainnya yang juga  warga negara India. Lima belas WNA ini awalnya berada di sebuah masjid di kawasan Sleman. Mereka kemudian menjalani rapid test. Dari hasil rapid test tersebut, 9 di antaranya dinyatakan positif covid-19.

Setelah diketahui positif, 9 WNA tersebut kemudian dirujuk ke RSPAU (Rumah Sakit Pusat Angkatan Udara) Hardjolukito untuk menjalani tes swab. 

"Hasilnya, 4 orang saja yang benar-benar positif dan hingga saat ini masih dirawat di RS Hardjolukito," katanya.

Sementara 11 orang lainnya yang dinyatakan negatif diberikan akomodasi di Badan Diklat Pemda DIY, Gunung Sempu, Bantul, Yogyakarta.

"Yang perlu saya sampaikan dan tekankan, bahwa 11 WNA yang saat ini berada di Badan Diklat Gunung Sempu, semuanya dalam kondisi sehat. Jadi masyarakat sekitar jangan khawatir. Mereka ini malah sudah dipastikan kesehatannya karena telah menjalani prosedur pemeriksaan kesehatan dari mulai rapid test hingga tes swab," jelasnya.

Menindaklanjuti teknis kepulangan WNA tersebut, Pemda DIY telah berkoordinasi dengan Kedutaan Besar India untuk dapat memulangkan WNA tersebut dengan repatriasi. 

baca juga: Bertambah Pasien Sembuh Covid-19 di Sumsel

"Selain itu kami juga sudah koordinasikan dengan Kemenlu terkait persoalan ini. Bagaimanapun juga, kita harus tetap memperlakukan dan memfasilitasi orang asing dengan baik," jelasnya.

Warga Negara India itu, sudah sejak sebulan lalu berada di Yogyakarta. Mereka tidak bisa pulang ke negaranya karena terjebak situasi negara India yang lock down. (OL-3)
 

Baca Juga

MI/Cikwan Suwandi

Bupati Cellica: Relokasi Warga Desa Cemarajaya Tertunda Covid-19

👤Cikwan Suwandi 🕔Jumat 05 Juni 2020, 18:00 WIB
DIHANTAM banjir rob selama dua hari, sebanyak 162 rumah di Desa Cemarajaya, Kecamatan Cibuaya, Karawang rusak ringan dan berat. Diantaranya...
MI/Anggoro

Mau Berwisata ke Pangandaran Siapkan Hasil Rapid Test

👤Adi Kristiadi 🕔Jumat 05 Juni 2020, 17:55 WIB
PEMERINTAH Kabupaten Pangandaran kembali membuka seluruh destinasi wisata di wilayahnya mulai hari ini (Jumat,...
MI/Depi Gunawan

Satu Warga Positif Covid se-RT Dikarantina

👤Depi Gunawan 🕔Jumat 05 Juni 2020, 17:05 WIB
SATU RT di Kelurahan Karangmekar, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi dikarantina setelah satu orang warganya dinyatakan positif terpapar...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya