Kamis 30 April 2020, 10:09 WIB

Pengembalian Uang Pembatalan Tiket KA Dipercepat

Agus Utantoro | Nusantara
 Pengembalian Uang Pembatalan Tiket KA Dipercepat

MI/Ardi Teristi Hardi
PT KAI Daop 6 mempercepat pengembalian uang pembatalan tiket yang dilakukan melalui KAI Access dari 45 hari menjadi 3 hari.

 

PT KAI Daop 6 mempercepat pengembalian uang pembatalan tiket yang dilakukan melalui KAI Access. Sebelumnya, jika penumpang melakukan pembatalan melalui KAI Access, KAI akan mengembalikan 100% uang pembatalan tiket secara transfer paling lambat setelah 45 hari, kini dipercepat menjadi tiga hari saja.

Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto dalam keterangan tertulis, Kamis (30/4) mengatakan ketentuan tersebut berlaku untuk pembatalan mulai 30 April-4 Juni 2020. 

"Ini untuk keberangkatan kereta api  masa Angkutan Lebaran 2020 yaitu mulai 14 Mei sampai dengan 4 Juni 2020," kata Eko. 

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 6 Yogyakarta resmi memperpanjang pembatalan seluruh perjalanan kereta api jarak jauh arah barat(Jakarta-Bandung) maupun arah timur (Surabaya/Malang/Ketapang) untuk mudik lebaran sampai dengan tanggal 31 Mei 2020. Dengan adanya pembatalan sejumlah perjalanan kereta api jarak jauh di wilayah Daop 6 Yogyakarta,diimbau kepada masyarakat yang ingin membatalkan tiket KA  agar menggunakan aplikasi KAI Access.

Eko Budiyanto menambahkan, dengan layanan ini pembatalan dapat dilakukan di mana saja sepanjang dapat mengakses KAI Access, dan tidak harus datang ke stasiun. 

"Meskipun di stasiun tetap dapat menerima proses pembatalan tiket, kami mengimbau agar masyarakat beralih ke layanan pembatalan online melalui aplikasi KAI Access dimana tujuannya untuk mendukung physical distancing dengan tidak bepergian ke stasiun," tambahnya.

Untuk dapat mengakses, penumpang yang akan melakukan pembatalan dapat mengunduh atau meng-up date aplikasi KAI Acccess ke versi terbaru terlebih dahulu. Pada saat registrasi, penumpang harus mendaftarkan nama dan nomor identitas yang sesuai dengan data pada tiket. 

"Pada menu pembatalan, masukkan juga nomor rekening yang memiliki nama sesuai dengan nama penumpang pada tiket," imbuhnya.

Eko Budiyanto berharap dengan kebijakan percepatan pengembalian uang pembatalan tiket ini, dapat mempermudah masyarakat yang ingin membatalkan tiket, serta membantu masyarakat yang membutuhkan dananya kembali secara tunai dan cepat.

baca juga: Pasar Rakyat Dihidupkan Di Tengah Pandemik Korona

"Semoga kebijakan ini bermanfaat bagi masyarakat yang telah menunda perjalanan mudiknya dalam rangka mencegah penyebaran virus Covid-19 pada masa Mudik Angkutan Lebaran 2020," tutup Eko. (OL-3)
 

Baca Juga

MI/Agus Utantoro

Gembira Loka Hampir Siap Terima Kunjungan Wisatawan

👤Agus Utantoro 🕔Jumat 03 Juli 2020, 22:27 WIB
Persiapan agar pengunjung merasa nyaman dan aman berkunjung ke GLZoo sudah hampir 100...
ANTARA/Ahmad Subaidi

Minyak Kayu Putih Sumbang PAD Hingga Rp10 Miliar

👤Ardi Teristi 🕔Jumat 03 Juli 2020, 22:17 WIB
Bahan baku adalah daun kayu putih dipasok dari kawasan hutan seluas 1.500 hektare di sekitar pabrik, di Kecamatan Playen, dan Nglipar, dan...
MI/Dwi Apriani

Enam Ruas Jalan di Palembang yang Rusak Ditarget Mulus

👤Dwi Apriani 🕔Jumat 03 Juli 2020, 21:33 WIB
Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional Sumatra Selatan, Kgs Syaiful Anwar mengatakan, enam ruas jalan di Kota Palembang yang kerap...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya