Kamis 30 April 2020, 11:45 WIB

Batal Banding, Zuma Segera Diadili

Basuki Eka Purnama | Internasional
Batal Banding, Zuma Segera Diadili

AFP/Michele Spatari
Mantan Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma

 

MANTAN Presiden Afrika Selatan (Afsel) Jacob Zuma batal mengajukan banding untuk menghentikan pengadilan korupsi terkait penjualan senjata pada 1990-an. Hal itu diungkapkan perwakilan Zuma, Rabu (29/4).

Perwakilan Zuma, dalam keterangan resmi mengatakan, Pengadilan Konstitusi, Selasa (28/4) telah menerima pembatalan banding yang diajukan Zuma.

"Hal itu membuka jalan baginya untuk bersiap menghadapi sidang dan menunjukkan bahwa dia tidak mendapatkan keuntungan dari penjualan senjata itu," ujar perwakilan Zuma.

"Dia berharap pengadilan akan menemukan dirinya tidak bersalah," imbuh perwakilan itu.

Baca juga: Jumlah Kasus Covid-19 di Afsel Lewati Angka 5 Ribu

Zuma dituding menerima suap sebesar 4 juta rand terkait kontrak senjata sebesar US$3,4 miliar dengan organisasi aerospace dan pertahanan Prancis Thales pada 1999 saat dia menjabat sebagai wakil presiden.

Bulan lalu, Mahkamah Agung menolak permintaan Zuma untuk menghentikan kasus itu. Dia kemudian mengajukan permintaan yang sama kepada Mahkamah Konstitusi.

Zuma dijadwalkan hadir di pengadilan untuk sidang kasus koruspi itu pada 6 Mei. Namun, tidak diketahui apakah sidang itu bisa digelar mengingat Afsel tengah memberlakukan lockdown karena pandemi covid-19.

Secara keseluruhan, Zuma didakwa melakukan 16 pelanggaran penipuan, korupsi, dan suap terkait pembelian jet tempur, kapal patroli, dan perlengkapan militer. (AFP/OL-1)

Baca Juga

Jack TAYLOR / AFP

Sukses Atasi Korona, Thailand Mulai Promosi Wisata

👤Antara 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 06:30 WIB
Thailand telah mempersiapkan promosi pariwisata di tengah pandemi covid-19, sekaligus memanfaatkan kebehasilan negaranya mengatasi...
DIPTENDU DUTTA / AFP

India Akan Buka Kembali Kuil Tanpa Percikan Air Suci

👤Antara 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 06:21 WIB
Di tempat ibadah, orang-orang akan diminta mencuci tangan dan kaki mereka sebelum masuk, dan tidak akan ada persembahan makanan atau...
fijivillage.com

Fiji Umumkan Negaranya Bebas Covid-19

👤MI 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 02:35 WIB
FIJI mengumumkan bahwa negara kepulauan itu kini bebas virus korona baru (covid-19) setelah pasien terakhir di negara tersebut...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya