Kamis 30 April 2020, 07:40 WIB

Jenis olahraga yang Aman Saat Ramadan

mediaindonesia.com | Olahraga
Jenis olahraga yang Aman Saat Ramadan

AFP
Ilustrasi joging.

Olahraga adalah salah satu kegiatan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, di samping menjaga menjaga pola makan sehat dan manajemen stress yang baik. Namun pada saat bulan suci Ramadhan, banyak orang yang enggan berolahraga karena takut merasa kelelahan.

"Olahraga saat sedang berpuasa itu boleh dan aman, selama jenis olahraganya disesuaikan dengan kondisi tubuh," ujar Ketua Umum Asosiasi Pelatih Kebugaran Indonesia (APKI) Marcellina Leonora kepada Antara, Rabu (29/4).

Olahraga kardio dengan intensitas rendah seperti jogging, jalan cepat, bersepeda, berenang, atau bahkan sekedar naik turun tangga di dalam rumah dapat menjadi pilihan.

Baca Juga: Olahraga Aman di Bulan Puasa

Marcellina mengatakan durasi yang diperlukan untuk berolahraga tidak perlu terlalu lama, cukup 30 menit sebelum berbuka puasa.

"Light resistance training 3 hingga 4 set dengan jumlah repetisi 8 sampai 12 kali untuk setiap gerakan, ini juga dapat dilakukan sebelum berbuka puasa," kata Marcellina.

Sama halnya dengan mobility dan flexibility workout yang juga dapat dilakukan sebelum berbuka puasa.

Ahli nutrisi bersertifikat sekaligus pelatih kebugaran dari Fit Squad DXB Dubai, Devinder Bains menjelaskan pada saat berpuasa, tubuh mungkin tidak hanya menggunakan energi yang berasal dari simpanan karbohidrat. Namun bisa jadi tubuh akan menggunakan simpanan protein sebagai energi, hal ini kemudian menyebabkan hilangnya massa otot.

Baca Juga: Joging dan Panjang Umur

"Light resistance training atau latihan resistensi ringan dapat membantu menjaga massa otot, jadi pilihlah juga latihan yang menggunakan beban tubuh seperti squat, lunges dan push-up," ujar Bains seperti dikutip dari ArabNews.

Kendati demikian, ada syarat yang harus dipatuhi sebelum Anda memulai olahraga. Marcellina menyebutkan penting untuk Anda memastikan bahwa olahraga tidak dilakukan ketika kepala terasa pusing atau tubuh dalam kondisi lemas.

"Karena jam tidur yang berbeda dari hari-hari biasa dan kurangnya cairan di dalam tubuh. Olahraga selama di bulan Ramadhan bertujuan untuk menjaga stamina agar tetap fit," tambah Marcellina. (Ant/OL-10)

Baca Juga

AFP

BWF Umumkan Kualifikasi Kedua

👤MI 🕔Jumat 29 Mei 2020, 00:55 WIB
FEDERASI Bulu Tangkis Dunia (BWF) merilis regulasi baru tentang kualifikasi Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo...
Dok. MI/Rommy Pujianto

Pembinaan Butuh Protokol

👤MI 🕔Jumat 29 Mei 2020, 00:35 WIB
PEMERINTAH perlu menyusun tahapan protokol kegiatan olahraga nasional dalam menghadapi tatanan normal baru atau new normal...
ANTARA

KONI Minta Masukan untuk Susun Protokol Olahraga

👤Akmal Fauzi 🕔Kamis 28 Mei 2020, 18:09 WIB
KONI bersama induk cabang olahraga akan berdiskusi ihwal tahapan yang perlu disiapkan pada 9 Juni...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya