Kamis 30 April 2020, 07:31 WIB

Susah Sinyal Kendala Pembelajaran Jarak Jauh di Temanggung

Tosiani | Nusantara
Susah Sinyal  Kendala Pembelajaran Jarak Jauh di Temanggung

ANTARA FOTO/Anis Efizudin
Pelajar mengerjakan tugas sekolah yang diberikan guru secara online di rumahnya Muntung, Candiroto, Temanggung, Jateng, Selasa (7/4/2020).

 

PEMBELAJARAN jarak jauh secara online yang saat ini dilakukan oleh para pelajar se Indonesia di tengah pandemik covid-19, banyak menemui kendala di lapangan. Seperfi dialami oleh siswa-siswi di SMPN 1 Tlogomulyo. Umumnya mereka terkendala keterbatasan sinyal internet, tak ada biaya membeli kuota paket data, tidak punya ponsel pintar hingga malas belajar secara online.

Kepala SMP Negeri 1 Tlogomulyo, Yuliana Dewi Marithawati, mengatakan, dari 500 siswa sekolah itu, baru sekitar 80 persen yang sudah bisa melakukan pembelajaran secara online. Karena berbagai kendala itulah, Yuliana mengatakan, pihaknya pun terpaksa melakukan jemput bola dengan mendatangi siswa yang terlihat tidak muncul untuk melakukan pembelajaran online.

"Jika ada masalah kuota, atau sinyal internet, guru BP atau wali kelas akan datang untuk mengantarkan fotokopi materi dan tugas untuk dikerjakan siswa selama satu minggu," kata Yuliana, Kamis (30/4).

baca juga: Pembangunan RSUD Kabupaten Sorong Masuk Skala Prioritas

Selain itu, 23 guru di sekolah itu juga harus lebih banyak memaklumi berbagai kendala yang muncul dalam proses pembelajaran. Misalnya ketika siswa baru bisa merespons saat orangtuanya pulang ke rumah dan tidak sedang menggunakan telepon selular. Sebab satu rumah hanya ada satu ponsel digunakan beramai-ramai sekeluarga. Hal ini harus dimaklumi oleh para guru. (OL-3)

Baca Juga

ANTARA/AJI STYAWAN

11 Kepala OPD di Kendal Dikarantina

👤 Akhmad Safuan 🕔Jumat 29 Mei 2020, 12:20 WIB
"Karantina terhadap 11 kepala OPD tersebut sebagai antisipasi dan pencegahan penularan, karena para pejabat tersebut banyak...
Mi/Gilbert Lewar

BTN Komodo Kembali Perpanjang Masa Penutupan Kawasan

👤Antara 🕔Jumat 29 Mei 2020, 12:11 WIB
Penutupan TN Komodo belum bisa dipastikan hingga kapan karena kondisi pandemi covid-19 yang belum menunjukkan tanda-tanda...
ANTARA/Adeng Bustomi

PSBB di Tasikmalaya Kemungkinan Diperpanjang

👤Kristiadi 🕔Jumat 29 Mei 2020, 11:39 WIB
Meski new normal diberlakiukan mulai 1 Juni, PSBB di Tasikmalaya akan diperpanjang di berbagai...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya