Kamis 30 April 2020, 07:15 WIB

2.000 Relawan Medis Dibutuhkan

(Uta/Ant/H-2) | Humaniora
2.000 Relawan Medis Dibutuhkan

ADAM DWI /MI
Calon relawan tenaga kesehatan bersiap mengikuti tes kesehatan seusai pendaftaran ulang di The Media Hotel

 

GUGUS Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menyampaikan, Indonesia masih membutuhkan sedikitnya 2.000 relawan tenaga medis dalam menangani pandemi penyakit infeksi virus korona baru (covid-19).

Relawan medis ini nantinya akan menjalankan tugas selama 30 hari di sejumlah fasilitas kesehatan. "Dari 5.500 yang sudah ada setelah kita sisir dan seleksi lagi, mungkin yang siap saat ini hanya ada 2.000-3.000 (orang). Jadi, enggak semua yang daftar (menjadi relawan)," kata Koordinator Relawan Andre Rahadi an saat siaran langsung di akun Youtube Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), kemarin.

Sejak pendaftaran relawan dibuka bulan lalu, terang Andre, sudah ada 28.900 orang yang mendaftar, termasuk di dalamnya 5.500 relawan medis dan sisanya nonmedis. Namun, mengingat kebutuhan tenaga medis yang cukup besar, Andre berharap jumlah relawan medis masih bisa terus bertambah.

Perawat Steven Stallone August ialah salah satu relawan medis asal Surabaya, Jawa Timur, yang kini ditempatkan di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Jakarta. Ia bertugas untuk memastikan kondisi pasien positif covid-19 dan PDP yang dirawat di ruang ICU, unit untuk pasien yang membutuhkan penanganan khusus.

Tugas Steven masih panjang, bulan depan dia harus menjalani karantina selama 14 hari sebelum harus kembali bertugas selama sebulan. Namun, ia menjalani masa pengabdian ini sebagai kepeduliannya kepada sesama. "Sempat terpikir takut untuk mendaftar karena katanya berbahaya. Pada dasarnya insting saya sebagai merawat kapan saya bisa turun menangani wabah skala internasional secara langsung," kata dia saat ditemui di Graha BNPB. (Uta/Ant/H-2)

Baca Juga

Kemenkes/Alodokter/tim riset MI-NRC/Grafis: Seno

Tetap Waras Hadapi Pandemi

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Rabu 27 Mei 2020, 04:30 WIB
BUDI merasa sangat ketakutan. Tubuhnya lemas tak bertenaga, keringat terus bercucuran, jantungnya...
AFP

Bryce Howard Lulus Kuliah setelah 21 Tahun

👤MI 🕔Rabu 27 Mei 2020, 04:05 WIB
AKTRIS Bryce Dallas Howard, 39, akhirnya resmi menjadi alumni dari New York University...
Dok. Instagram

Baim Wong Lebaran Pertama dengan Buah Hati

👤MI 🕔Rabu 27 Mei 2020, 03:45 WIB
MOMEN Lebaran tahun ini menjadi istimewa bagi aktor Baim Wong, 39, bersama istrinya, aktris Paula Verhoeven, dengan hadirnya...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya