Rabu 29 April 2020, 21:55 WIB

Pemudik dari Surabaya Tularkan Covid-19 di Cimahi

Depi Gunawan | Nusantara
Pemudik dari Surabaya Tularkan Covid-19 di Cimahi

Antara
Petugas memeriksa kartu identitas saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Cimahi, Jawa Barat, Rabu (22/4).

 

SEORANG pemudik asal Surabaya, Jawa Timur, diduga menjadi sumber penyebaran virus korona (covid-19) di Kelurahan Cibeureum Kota Cimahi, Jawa Barat. Dia masuk ke Cimahi sebelum penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Pasien perempuan itu terkonfirmasi positif covid-19 setelah menjalani sejumlah pemeriksaan di rumah sakit karena sebelumnya mengeluhkan kondisi kesehatan menurun.

"Awal penyebarannya dari seseorang yang datang dari Surabaya, dia mudik ke Cimahi. Awalnya dia mengeluh sakit, lalu dirawat, setelah dirawat, dia ketahuan positif covid-19," kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Cimahi Chanifah Listyarini, Rabu (29/4).

Baca juga: Pemkab Purwakarta Salurkan BLT Dari Dana Desa

Setelah dinyatakan positif, Chanifah menyebutkan, pihaknya langsung melakukan tracing terhadap kontak erat pasien tersebut. Hasilnya, dua orang yang tinggal serumah dengan pasien juga dinyatakan positif.

"Kita rapid test kepada semua orang di rumah itu, ternyata hasilnya positif. Lanjut swab test, hasilnya positif juga. Sehingga total positif covid-19 di Kelurahan Cibeureum ada tiga orang," ujarnya.

Baca juga: Positif Korona, Warga Parepare Sempat Salat Tarawih di Masjid

Dia menerangkan, awal sumber penyebaran virus korona di wilayah itu berasal dari klaster Surabaya. Tiga pasien covid-19 tersebut saat ini sedang dirawat dan menjalani isolasi di rumahnya.

"Untuk satu pasien di rumah sakit, hanya tinggal diawasi saja. Sekarang kita akan arahkan dua Orang Tanpa Gejala (OTG) lainnya untuk diisolasi terpusat di BPSDM," ungkapnya.

Sampai saat ini, angka positif covid-19 di Cimahi mencapai 45 orang, 3 di antaranya meninggal dunia dan 7 orang dinyatakan sembuh. (X-15)

Baca Juga

ANTARA/Septianda Perdana

Pasien Positif Covid-19 di Pematangsiantar Bertambah 6 Orang

👤Apul Iskandar 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 10:03 WIB
Saat ini, pasien positif covid-19 di Pematangsiantara menjadi 13...
ANTARA/Bayu Pratama S

Kasus Covid-19 di Kalsel Diprediksi Tembus 1.000 pada Awal Juni

👤Denny Susanto 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 09:30 WIB
Saat ini, jumlah warga Kalsel yang positif terpapar virus korona sudah sebanyak 893...
Mi/Hijrah Ibrahim

Istri Wali Kota Tidore Juga Dipastikan Positif Covid-19

👤Hijrah Ibrahim 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 09:01 WIB
Transmisi lokal istri wali kota dimaksud adalah dari pasien nomor 100 yakni mendiang Sekretaris Kota Tidore Kepulauan, Asrul Sani Soleman,...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya