Rabu 29 April 2020, 21:46 WIB

Menag Batal Beri Diskon SPP Mahasiswa PTKIN. Ini Alasannya

Atikah Ishmah Winahyu | Humaniora
Menag Batal Beri Diskon SPP Mahasiswa PTKIN. Ini Alasannya

Antara
Menteri Agama Fachrul Razi

 

KEMENTERIAN Agama (Kemenag) batal memberikan diskon atau potongan uang kuliah tunggal (UKT)/sumbangan pembinaan pendidikan (SPP) bagi mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

Menteri Agama Fachrul Razi mengungkapkan, pembatalan ini dilakukan karena anggaran Kemenag dipotong oleh Kementerian Keuangan sebesar Rp2,6 triliun mengatasi pandemi virus korona atua covid-19.

"Sudah kami siapkan surat edarannya. Memang kemudian akan terjadi kekurangan masukan kepada lembaga pendidikannya, tapi kami sepakat itu kami atasi dari penyisihan anggaran yang ada di Kemenag. Namun tiba-tiba kami mendapatkan putusan Menteri Keuangan bahwa dana kami dipotong untuk kegiatan berantas covid-19 ini," jelas Fachrul dalam konferensi pers, Rabu (29/4).

Baca juga: Hingga Akhir April, Bencana Masih Hantui Indonesia

Fachrul mengakui jumlah anggaran yang dipangkas tersebut cukup besar bagi Kemenag. Oleh sebab itu pihaknya kemudian memilih untuk membatalkan pemberian diskon/potongan UKT/SPP.

"Begitu dipotong Rp2,6 triliun, kami tidak bisa bergerak apa-apa lagi untuk membantu mengatasi kekurangan pendapatan yang ada di lembaga-lembaga pendidikan, sehingga surat edaran tidak jadi kami keluarkan. Kemudian kami tetap mewajibkan untuk membayar seperti biasa," ungkapnya.

Meski begitu, Fachrul menilai wajar jika mahasiswa ingin diberikan keringanan UKT/SPP karena materi yang diterima lewat pembelajaran jarak jauh (PJJ) tidak seperti saat pembelajaran tatap muka di kelas.

Dia juga menyadari jika tidak sedikit orangtua mahasiswa yang terdampak covid-19.

Oleh sebab itu, Fachrul akan mendiskusikan masalah ini dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

"Tapi kami coba diskusi lagi nanti apa langkah baik yang bisa kita lakukan bersama," tandasnya. (X-15)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Didik Suhartono

KLHK Gagalkan Penjualan Daring Cucak Hijau di Samarinda

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 05:46 WIB
Kasus ini bisa terungkap berawal dari laporan warga mengenai adanya perdagangan cucak hijau yang diunggah di media sosial Facebook.167...
Thinkstock

Kemenag Kota Tasikmalaya Sosialisasikan Pembatalan Haji

👤Kristiadi 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 05:30 WIB
Calhaj yang melunasi biaya ibadah tahun ini dipastikannya akan berangkat 2021. Mereka juga akan mendapat nilai manfaat dari biaya pelunasan...
Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19/Tim Riset MI-NRC

Daerah kembali Bawa Kabar Baik

👤Ata/Fer/Ins/X-10 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 05:22 WIB
Enam provinsi dilaporkan tidak mengalami penambahan kasus covid-19. Keenamnya ialah Aceh, Bengkulu, Riau, Sulawesi Barat, Gorontalo, dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya