Rabu 29 April 2020, 21:26 WIB

Jurnalis Media Indonesia Juara Karya Jurnalistik Terbaik

Retno Hemawati | Humaniora
Jurnalis Media Indonesia Juara Karya Jurnalistik Terbaik

Media Indonesia
Ignas Kunda dan karyanya yang menjadi pemenang utama dengan judul karya Perjuangan Warga Kampung Wololuba Demi Air Keruh.

 

ALIANSI Jurnalis Independen dengan dukungan UNICEF kembali menyelenggarakan Penghargaan Liputan Terbaik Isu Anak 2020 untuk kategori cetak/ online, televisi, radio dan foto. Selain memberikan penghargaan pada satu jurnalis sebagai pemenang utama untuk setiap kategori, juga ada penghargaan special mention dengan isu khusus imunisasi.

Jurnalis Media Indonesia, Ignas Kunda menjadi pemenang utama dalam kategori foto dengan judul karya “Perjuangan Warga Kampung Wololuba Demi Air Keruh”. Karya ini sebelumnya menjadi nominasi pertama dari 10 karya foto yang telah dipilih juri menjadi pemenang. Para dewan juri yang terdiri atas professional praktisi, pemerhati isu anak dan UNICEF memutuskan pemenang penghargaan ini. Para juri yang menilai foto ini yakni Adek Berry (AFP), Arbain Rambey (AJI), Ng Swan Ti (Panna Foto) dan Ali Aulia Ramly (UNICEF).

Untuk acara Penghargaan Karya Jurnalistik Terbaik tentang Anak 2020 ini, panitia di AJI menerima total 413 karya untuk empat kategori lomba yaitu online/cetak, radio, televisi dan foto.  

Ignas Kunda juara kategori foto ini mengatakan foto ini menceritakan bagaimana anak-anak yang berjuang ikut membantu orang tuanya untuk mengatasi krisis air bersih di kampung mereka. Mereka pada pagi dan sore hari turun ke embung dekat desa dengan jalannya yang cukup sulit serta jerigen di tangan masing-masing.

“Melihat anak-anak ini saya sangat prihatin dan sungguh menginspirasi. Dalam kesulitan anak-anak ini mengorbankan waktu bermain mereka untuk pergi ambil air di embung kotor dan mereka mengambil air itu untuk kebutuhan minum dan rumah tangga lainnya. Jadi air harus di endapkan dulu, “ katanya.

Ketua AJI Indonesia, Abdul Manan mengatakan, kerja sama ini adalah bentuk komitmen AJI untuk terus meningkatkan pengetahuan jurnalis pada isu-isu spesifik, termasuk isu anak. Ia mengatakan, situasi yang terus berubah dan menyebabkan tantangan yang dihadapi juga tak sama, sehingga perlu pembelajaran terus menerus bagi jurnalis agar bisa memahami kompleksitas isu anak, khususnya soal imunisasi.

Manan menambahkan, AJI menyadari bahwa tema soal anak dan kesehatan bukan topik yang cukup popular. Padahal isu ini penting dan mempengaruhi hajat hidup orang banyak. “Karena itu tantangan bagi kami membuat hal penting ini menjadi menarik, dan penghargaan ini adalah salah satu upaya untuk mendorong jurnalis dan media peduli terhadap isu anak, khususnya soal imunisasi,” ujarnya.

Penghargaan ini diselenggarakan sebagai bagian dari perayaan Pekan Imunisasi Dunia yang diselenggarakan Kementerian Kesehatan. Awalnya AJI-UNICEF dengan dukungan Kementerian Kesehatan merencanakan penghargaan dalam situasi yang hangat. Karena dalam situasi pandemi COVID-19, pengumuman ini kemudian disampaikan secara daring setelah Webinar bertema “Strategi Pemberian Imunisasi Tambahan pada Daerah Cakupan Imunsasi Rendah”, yang diselenggarakan Kementerian Kesehatan, Rabu, 29 April 2020.

AJI dan UNICEF bekerjasama cukup lama untuk mendorong peningkatan perhatian media tentang isu anak serta meningkatkan kapasitas jurnalis di Indonesia mengenai topik-topik penting ini. Kolaborasi tahun ini juga melahirkan buku saku pedoman pemberitaan tentang anak yang diharapan dapat menjadi panduan pekerja media saat melakukan peliputan mengenai anak.

Perwakilan UNICEF Indonesia, Debora Comini, mengatakan media adalah partner yang penting karena memiliki kekuatan untuk mengangkat berbagai topik ke ruang publik, memicu percakapan penting dan memengaruhi perubahan positif, termasuk dalam isu imunisasi sebagai intervensi kesehatan yang terbukti efektif untuk mencegah penyakit menular. “Imunisasi adalah hak anak dan media punya peran penting untuk memberikan informasi pada publik tentang manfaat imunisasi,” kata Debora dalam sambutannya. (RO/OL-12)

Baca Juga

DOK MI

Sebagian Jabodetabek Bakal Diguyur Hujan Sore Ini

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 25 Mei 2020, 15:58 WIB
Adapun daerah-daerah yang dilanda hujan ialah di Jakarta Barat ada di Cengkareng, Grogol Petamburan, Kalideres, Tamansari,...
DOK AGP

Apresiasi Warga Peduli Covid-19,AGP Inisiasi Bukan Pahlawan Biasa

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 25 Mei 2020, 15:56 WIB
Program ini sebagai apresiasi kepada masyarakat biasa yang telah bekerja dan berkarya memberikan dampak nyata kepada masyarakat berupa...
MI/VICKY GUSTIAWAN

H+1 Lebaran, Pasien Sembuh Covid-19 di Wisma Altet Capai 1.936

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 25 Mei 2020, 15:28 WIB
Ada pengurangan jumlah pasien Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat satu hari usai...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya