Rabu 29 April 2020, 20:20 WIB

Klaster Gowa Dominasi Kasus Positif Covid-19 di Banyumas

Lilik Darmawan | Nusantara
Klaster Gowa Dominasi Kasus Positif Covid-19 di Banyumas

MI/Supardji Rasban
Jemaah ijtima Gowa asal Brebes yang positif covid-19

 

Kasus positif covid-19 di Banyumas, Jawa Tengah mencapai 42 kasus. Dari 42 kasus, 28 di antaranya merupakan kasus yang berhubungan dengan klaster Gowa. Seluruh pasien tersebut telah diisolasi, sehingga dipastikan terkendali.

Bupati Banyumas Achmad Husein mengatakan bahwa pihaknya memang fokus pada beberapa klaster covid-19. "Satu di antaranya adalah klaster Gowa," ujar Achmad, Rabu (29/4).

Langkah yang dilakukan pemkab Banyumas adalah melakukan rapid test kepada seluruh peserta dan orang-orang yang kontak dengan mereka.

"Dari 42 kasus positif yang ada di Banyumas, klaster Gowa mendominasi. Ada 28 kasus. Jumlah tersebut didapat, setelah tim melakukan tracking dan tracing. Kami sampai melakukan rapid test hingga 300 orang lebih," jelas Achmad.

Baca juga: 25 Ribu Tiket Mudik Lebaran belum Dibatalkan

Pada umumnya, imbuh Achmad, mereka yang tertular dan positif covid-19 dikategorikan sebagai orang tanpa gejala (OTG). "Rata-rata mereka memang OTG. Jadi, setelah itu, kami melakukan isolasi dan karantina terhadap mereka," ungkap Achmad.

Menurutnya, justru yang saat sekarang membutuhkan perhatian adalah OTG tersebut. "Sekarang yang menjadi fokus adalah OTG, karena orang-orang yang sebetulnya sudah terinfeksi, tapi tanpa gejala dan mereka tetap beraktivitas," ujarnya.

Terkait dengan klaster Gowa ini, kata Achmad, sepertinya semua sudah terdeteksi dan telah selesai di-tracing. "Selain klaster Gowa, ada juga klaster Berkoh dan klaster individu. Namun, jumlahnya tidak sebanyak klaster Gowa," sambungnya.

Sementara itu, ada tiga pasien dalam pengawasan (PDP) yang meninggal.  "Memang bagi PDP, pemakaman harus menggunakan protokol covid-19. Namun, hal itu bukan berarti positif covid-19, sebab sampai sekarang belum ada  hasil swab test-nya," tambahnya.

Ketiga PDP yang meninggal adalah anak perempuan usia satu tahun asal Desa Samodra, Kecamatan Gumelar, kemudian perempuan usia 73 tahun dari Kelurahan Karangklesem, Purwokerto Selatan, dan laki-laki 8 tahun Kelurahan Sokaraja Tengah, Kecamatan Sokaraja. (OL-14)

Baca Juga

ANTARA

Pemkot Medan Janjikan Bantuan ke Sekolah Swasta

👤Yoseph Pencawan 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 05:05 WIB
Surat edaran Wali Kota Medan melarang pembebanan biaya pendaftaran maupun biaya pembangunan pada pelaksanaan penerimaan peserta didik baru...
DOK MI

Puncak Pandemi Covid-19 di Kalsel Diperkirakan Juli

👤Denny Susanto 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 04:30 WIB
Hingga Jumat (5/6) jumlah kasus positif virus korona di Kalsel mencapai 1.142...
MI/Palce Amalo

Puluhan Penumpang KM SMS Value Jalani Pemeriksaan Ketat

👤Palce Amalo 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 04:00 WIB
KM SMS Value berlayar ke Kupang setelah larangan kapal angkut penumpang yang dikeluarkan Dinas Perhubungan NTT sejak 14 April, berakhir 31...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya