Rabu 29 April 2020, 20:12 WIB

BPJAMSOSTEK Serahkan 50.000 Masker pada Pemprov DKI Jakarta

mediaindonesia.com | Ekonomi
 BPJAMSOSTEK Serahkan 50.000 Masker pada Pemprov DKI Jakarta

DOK BPJAMSOSTEK

 

Deputi Direktur BPJAMSOSTEK Kanwil DKI JKT, Cotta Sembiring (kanan) menyerahkan 50 ribu masker kepada Pemprov DKI Jakarta yang diwakili Deputi Gubernur Bidang Kependudukan dan Pemukiman, Ir Suharti.

 

Dalam rangka pencegahan penyebaran corona virus disease 2019 (Covid-19) di wilayah DKI Jakarta, BPJAMSOSTEK Kantor Wilayah DKI Jakarta menyerahkan bantuan masker ke Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebanyak 5.000 masker, Rabu (29/4/2020).

Deputi Direktur BPJAMSOSTEK Wilayah DKI Jakarta, Cotta Sembiring menyerahkan bantuan masker secara langsung kepada Deputi Gubernur Bidang Kependudukan dan Pemukiman Provinsi DKI Jakarta, Ir Suharti.

"Total bantuan masker untuk seluruh DKI Jakarta sebanyak 50.000 masker. Di antaranya sudah tersebar ke beberapa Pemkot DKI Jakarta dan bantuan masker untuk Pemprov DKI Jakarta hari ini sebanyak 5.000 masker," kata Cotta. "Dan sampai saat ini, khusus bantuan masker ini kami sudah memberikan bantuan sebanyak 53.500 masker di seluruh wilayah DKI Jakarta.''

Sudah barang tentu bantuan ini adalah sebagai wujud kepedulian BPJAMSOSTEK kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 dan sebagai upaya dalam memutus mata rantai penyebaran corona virus disease 2019 (COVID-19), khususnya di wilayah DKI Jakarta.

Untuk kegiatan bantuan sosial ini, selain pemberian masker BPJAMSOSTEK di jajaran Kanwil DKI Jakarta juga memberikan bantuan dalam bentuk sembako sebanyak 875 paket, bantuan beras sebanyak 5,85 ton, handsanitizer sebanyak 100 pcs dan 100 liter, 200 nasi box setiap hari Jumat, dan bentuk donasi lainnya yang dikoordinir oleh kantor pusat berupa donasi uang sebesar Rp555.461.810 dan pemberian makan gratis untuk ojol sebanyak 15.000 paket di 150 warteg.

''Selain melakukan aksi-aksi bantuan sosial kami juga terus melakukan sosialisasi tentang protokol layanan tanpa kontak fisik (Lapak Asik) baik melalui tatap muka maupun secara virtual sesuai protokol penanganan Covid-19,'' jelas Cotta.

Sebagai informasi, melalui Lapak Asik ini,  dari periode 24 Maret 2020 hingga 28 April 2020 BPJAMSOSTEK Kanwil DKI Jakarta sudah membayarkan klaim jaminan sebesar Rp377.992.808.395 dengan 18.185 kasus.

Pada kesempatan yang sama, Deputi Gubernur Bidang Kependudukan dan Pemukiman Provinsi DKI Jakarta, Ir.Suharti mengatakan bantuan dari BPJAMSOSTEK berupa 50 ribu masker untuk masyarakat sangat membantu pemerintah DKI Jakarta terutama menyediakan masker terutama untuk kelompok miskin yang banyak tak bisa membeli masker sendiri.

“Untuk yang lain, Pemda DKI membutuhkan banyak bantuan tidak hanya terkait dengan kesehatan dari persediaan alat kesehatan tetapi juga sektor lainnya. Covid-19 berdampak kepada ekonomi dan sosial,” kata Suharti.  

Dalam memberi bantuan sosial kepada masyarakat yang terdampak Covid-19, Suharti menjelaskan Pemprov DKI juga membuat kolaborasi sosial berskala besar untuk menampung bantuan-bantuan dari baik individu maupun lembaga termasuk juga perusahaan-perusahaan yang membantu menyediakan khususnya untuk pangan bagi masyarakat dari kelompok miskin.

“Kita membuatkan platform-nya dengan alamat www.corona.jakarta.co.id. Di situs tersebut ada laporan data bantuan bisa pangan jadi atau sembako serta bantuan untuk THR. Untuk membantu bisa dikelola secara mandiri bisa juga disalurkan ke aggregator dan kerja sama dengan aggregator untuk bisa mengelola bantuan yang tak bisa dilakukan Pemda,” kata Suharti.

Aggregator dari Pemda DKI dalam penyaluran bantuan sosial bagi warga terdampak Covid-19 adalah Palang Merah Indonesia (PMI), Badan Amil Zakat Nasional (Baznas),  Aksi Cepat Tanggap (ACT), dan Rumah Zakat. 

Menurut Suharti, jika ada donatur yang berhubungan dengan aggregator, Pemda DKI sudah menyiapkan formulir yang menjelaskan warga mana yang dibantu dan lokasinya termasuk jumlah kepala keluarga (KK).

Seusai pemberian bantuan masker kepada Pemprov DKI, Cotta mengatakan,”DKI Jakarta adalah barometer nasional dan semuanya bermuara di sini. Pada hari ini, BPJAMSOSTEK Kanwil DKI melanjutkan memberi bantuan berupa masker.”

Cotta menjelaskan ada dua hal terkait pandemi Covid-19, pertama memutus rantai Covid-19 dan kedua, pemberian bantuan bagi warga yang terdampak pandemi Covid-19. “Yang pertama, kami memberi bantuan masker, vitamin, dan hand sanitizer.”

Kedua, menurut Cotta, BPJAMSOSTEK memberi bantuan sosial kepada warga yang terdampak Covid-19. Untuk memberi bantuan, karyawan dan jajaran direksi BPJAMSOSTEK rela digajinya dipotong sejak bulan lalu dan masih berlanjut.     

“Dari pemotongan gaji, terkumpul dana bantuan se- Indoneaia sebanyak Rp 500 juta. Dana yang terkumpul disumbangkan kepada masyarakat dalam bentuk pembagian masker, paket sembako, nasi boks, dan makan gratis sebanyak 15 ribu paket,” paparnya.

Cotta menambahkan pembagian masker dari BPJAMSOSTEK Kanwil DKI Jakarta dilakukan di sejumlah wilayah, di Jakarta Barat sebanyak 5.000 masker, Jakarta Selatan 4.000 masker, Jakarta Timur 3.000 masker, Jakarta utara 5.000 masker, dan Jakarta Pusat 5.000 masker.

“Pembagian masker kami lakukan untuk turut berkontribusi dan berperan aktif membantu pemerintah dalam mengatasi pandemi Covid-19,” katanya.  (RO/OL-10)

Baca Juga

Antara/Andreas Fitri

Pemerintah Siapkan 6 Kawasan Industri Halal

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 24 November 2020, 17:19 WIB
Upaya tersebut bertujuan mendongkrak pasar produk halal di Tanah Air, serta mewujudkan Indonesia sebagai pusat ekonomi syariah...
DOK KEMENTAN

Kementan Dukung Konsep One Health Cegah Resistensi Antimikroba

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 24 November 2020, 17:06 WIB
Jika aturan diterapkan dengan baik, penggunaan antimikroba akan menurun dari 80% menjadi 50% di tahun...
ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas

CPOPC Harap Ada Investigasi atas Laporan Dugaan Kekerasan Seksual

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 24 November 2020, 16:48 WIB
Penting bagi pemerintah dan pemangku kepentingan terkait untuk mengungkap kebenaran dugaan pelanggaran serius...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya