Rabu 29 April 2020, 18:42 WIB

Bantu UMKM, Pemerintah Subsidi Bunga Kredit Hingga 6%

M. Ilham Ramadhan Avisena | Ekonomi
Bantu UMKM, Pemerintah Subsidi Bunga Kredit Hingga 6%

Antara/Aditya Pradana
Perajin merapikan tas anyaman rotan buatannya yang tengah dipamerkan.

 

PEMERINTAH memutuskan untuk memberikan subsidi bunga kredit hingga 6% selama enam bulan kepada sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), yang terdampak pandemi covid-19.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengatakan subsidi bunga kredit itu berlaku selama enam bulan. Ketentuannya ialah debitur dengan nilai kredit di bawah Rp 500 juta, mendapatkan subsidi 6% pada tiga bulan pertama dan 3% pada tiga bulan berikutnya.

"Itu untuk Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan juga untuk kredit lain yang sampai Rp500 juta," tutur Airlangga dalam keterangan resmi, Rabu (29/4).

Baca juga: Terdampak Pandemi, Pemerintah Siapkan Skema Perlindungan UMKM

Sementara itu, debitur dengan nilai kredit di atas Rp 500 juta-Rp10 miliar  mendapatkan subsidi bunga 3% pada tiga bulan pertama dan 2% pada tiga bulan kedua. Kemudian, untuk kredit di bawah Rp 10 juta, seperti Ultramikro (UMi), Mekaar dan Pegadaian, akan disubsidi bunga kreditnya sebesar 6% selama enam bulan.

Pemerintah, lanjut Airlangga, tengah menyiapkan skema khusus bagi masyarakat yang belum tercatat sebagai nasabah di sistem keuangan perbankan. Berikut pelaku usaha mikro agar aktif mendaftar di sejumlah lembag, seperti UMi, PMN, dan Mekaar.

"Kami memberikan tambahan untuk potensi ekspansi penyaluran kredit. Seperti, KUR kepada 3 juta tambahan nasabah baru, kemudian UMi sekitar Rp 550 ribu," terang Airlangga.

Baca juga: Ini 4 Sektor Yang Paling Terpukul Covid-19

Terkait program kredit modal kerja, Airlangga menyatakan pemerintah segera menghitung keseluruhan kredit. Pemerintah akan menganalisis jumlah nasabah karena tidak semuanya membutuhkan modal kerja.

Menurutnya, bila 60% dari jumlah nasabah membutuhkan modal kerja, pemerintah akan mengupayakan hal tersebut secara bertahap. "Pemerintah akan melibatkan Askrindo dan Jamkrindo sebagai sistem penjamin untuk kredit modal kerja tersebut," pungkasnya.(OL-11)

 

Baca Juga

Antara/Aprilio Akbar

BI Beri Bunga 1,5% untuk Penempatan GWM Perbankan

👤Antara 🕔Kamis 04 Juni 2020, 07:00 WIB
Pemberian bunga jasa kepada bank itu sebagai bentuk berbagi beban atau sharing the pain kepada pelaku ekonomi lainnya di tengah situasi...
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Kepercayaan Investor makin Kukuh

👤Hilda Julaika 🕔Kamis 04 Juni 2020, 06:20 WIB
Rupiah bergerak menguat mendekati level 14.000 per US$ dan indeks harga saham gabungan (IHSG) menuju level psikologis...
MI/Susanto

Penerbangan Jakarta-Jayapura Kembali Dibuka Mulai 10 Juni

👤Antara 🕔Kamis 04 Juni 2020, 06:11 WIB
Pelayanan transportasi udara di Jakarta-Jayapura pulang pergi hanya diberlakukan untuk penerbangan langsung (direct). Ada lima maskapai...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya