Rabu 29 April 2020, 17:50 WIB

Seorang Warga Kembali Diterkam Buaya di Riau

Rudi Kurnianwansyah | Nusantara
Seorang Warga Kembali Diterkam Buaya di Riau

Antara
Seekor buaya liar yang terjerat ban sepeda motor naik ke darat dan berjemur bersama buaya lainnya di Muara Sungai Palu di Palu, Sulawesi Ten

 

KEJADIAN konflik satwa buaya dengan manusia kembali terjadi di Riau. Kali ini seorang pemuda dilaporkan hilang setelah diterkam buaya saat membersihkan udang tangkapannya di Sungai Luar Kecamatan Batang Tuaka, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau, kemarin.

Sebelumnya konflik satwa dilindungi buaya muara juga menewaskan seorang nelayan di Sungai Apit, Kabupaten Siak, Riau.

"Tim Basarnas, kepolisian, dan masyarakat sekitar pukul 10.30 WIB, Rabu (29/4), berhasil menemukan korban Jasni atau JS, 25, dalam kondisi meninggal dunia yang diduga akibat diserang satwa buaya," kata Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau Suharyono di Pekanbaru, Rabu (29/4).

Ia menjelaskan, sekitar pukul 12.30 WIB, Rabu (29/4), Kanitserse Polsek Batang Tuaka Tembilahan Rivanav menghubungi pihak BBKSDA Riau dan menyampaikan bahwa di lokasi TKP masyarakat bermaksud melakukan penangkapan buaya yang diduga telah memangsa korban. Masyarakat berencana memanggil pawang buaya dalam rangka meminta dukungan spiritual, terkait dengan buaya suspect, untuk menghindari tindakan salah tangkap.

"Kami menyampaikan duka mendalam atas musibah yang terjadi dan meminta dukungan dari pihak Kepolisian, Babinsa dan pihak terkait lainnya di Kecamatan dan Koramil agar mengupayakan dab mengimbau masyarakat tidak bertindak anarkis terhadap satwa buaya. Apalagi membunuhnya karena satwa tersebut merupakan salah satu satwa yang dilindungi," jelasnya.

Suharyono mengungkapkan, Balai Besar KSDA Riau mengimbau agar masyarakat sekitar berhati-hati karena daerah tersebut adalah memang habitat buaya dan tidak melakukan aktifitas di sekitar tempat tersebut.

"Apalagi saat gelap yaitu menjelang maghrib sampai jam 7 pagi karena waktu itulah buaya sedang mencari mangsanya," jelasnya. (OL-13)

Baca Juga: Bagikan Masker Kain Gratis Cegah Panic Buying saat Covid-19

Baca Juga: Laboratorium DKI Bisa Periksa 450 Orang Per Hari

 

Baca Juga

MI/Arnoldus Ndae

JK: Pandemi Covid-19 Beres di Indonesia pada 2022

👤Arnoldus Dhae 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 17:40 WIB
KETUA Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla menyatakan butuh waktu sampai tahun 2022 bagi Indonesia untuk benar-benar pulih dari...
dok.mi

Kasus Positif Covid-19 di Bali Trennya Menurun

👤Ruta Suryana/Arnold Dae 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 16:55 WIB
KASUS positif covid-19 di Bali dalam sepekan terakhir cenderung menunjukkan tren...
Istimewa

LSI Prediksi Petahana di Pilkada Sulut Sulit Dikalahkan

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 16:40 WIB
JIKA tidak ada kejadian luar biasa, pasangan petahana Olly – Steven sulit dikalahkan pada Pilkada Sulut pada 9 Desember...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya