Rabu 29 April 2020, 16:55 WIB

Soal Zoom, BSSN Rekomendasi Tambahan Keamanan

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Teknologi
Soal Zoom, BSSN Rekomendasi Tambahan Keamanan

Antara
Ilustrasi

MEREBAKNYA fenomena Zoom-Bombing yang menimpa pengguna aplikasi video conference Zoom membuat Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) turut merespon hal tersebut.

Zoombombing sendiri adalah bentuk ancaman pada para pengguna zoom. Para peretas masuk lewat link yang disebarkan maupun celah keamanan yang ada.

Menurut Juru Bicara BSSN, Anton Setiyawan, demi mengantisipasi adanya Zoom Bombing, para pengguna aplikasi Zoom harus memiliki kesadaran keamanan informasi.

"Aplikasi perlu dipelajari fitur keamanannya dan dipertimbangkan risiko, keterbatasan dan kelebihannya terlebih dahulu sebelum digunakan," ucap Anton kepada Media Indonesia.

Selanjutnya, Anton pun berpesan pada setiap organisasi atau perusahaan yang menggunakan Zoom untuk berkomunikasi dengan pegawainya wajib menetapkan kebijakan keamanan informasi, yang memberikan pedoman mengenai prosedur, aturan dan panduan terkait penggunaan aplikasi video conference.

Anton menyarankan aplikasi Zoom hanya direkomendasi untuk pembicaraan yang bersifat umum, sehingga sebaiknya dihindari untuk penggunaan yang bersifat terbatas (kredensial).

"Fitur-fitur keamanan di Zoom perlu diaktifkan oleh pengguna jika akan menggunakan Zoom, karena secara default fitur-fitur tersebut belum diaktifkan," ucapnya. (OL-2)

 

Baca Juga

123rf

Celah Rawan dalam Aktivitas Digital

👤Fetry Wuryasti 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 00:10 WIB
PANDEMI covid-19 telah memaksa lahirnya pola hidup kenormalan baru atau new normal. Hampir seluruh kegiatan seperti belajar...
Ilustrasi

Tren Kejahatan Siber Ikut Naik saat Lonjakan Konsumsi Internet

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Kamis 28 Mei 2020, 23:58 WIB
Teknik itu menyasar pengguna yang kurang waspada dalam bertransaksi daring dan memancing korban untuk memberikan informasi pribadi seperti...
Dok. Ajaib

Akuisisi Primasia, Ajaib Perkuat Ekosistem Jual-Beli Saham Daring

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Kamis 28 Mei 2020, 18:30 WIB
Pengalaman Primasia Sekuritas sebagai pialang selama puluhan tahun, bersinergi dengan keahlian Ajaib Group di ranah digital, dipercaya...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya