Rabu 29 April 2020, 15:40 WIB

Donasi untuk Tim Medis Wisma Atlet Hoaks

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Donasi untuk Tim Medis Wisma Atlet Hoaks

MI
Ilustrasi

 

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta meluruskan informasi soal pengumpulan donasi kaos oblong atau layak pakai dan bersih untuk tim medis di RSD Wisma Atlet Kemayoran.

Dari kanal informasi dan klarifikasi Jakarta Lawan Hoaks atau Jala Hoaks, disebutkan tujuan donasi untuk relawan atau tenaga medis yang tidak membawa baju ganti yang cukup terutama pria lajang.

Dari pesan hoaks itu dikatakan ketentuan donasi ialah kaos oblong bekas atau layak pakai, keadaan bersih sudah dicuci, dikemas dalam plastik klip transparan.

Baca juga: Polisi Selidiki Jasa Pengantar Mudik yang Bisa Terobos Petugas

Lalu diberikan label pengiriman, mencantumkan nama lengkap, dan penerimaan barang pada Senin-Jumat pukul 09:00-15:00 WIB. Pesan disertai alamat Graha BNPB, nomor kontak dan e-mail BNPB.

Lalu, Pemprov DKI menjelaskan berita yang benar. Berdasarkan hasil penelusuran, dalam akun resmi media sosial (medsos) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Facebook @InfoBencanaBNPB (23/04), memastikan bahwa hal itu tidak benar.

Jadi, permintaan donasi tersebut adalah hoaks. Oleh karena itu, BNPB meminta warga untuk berhati-hati dalam menerima informasi. Warga diminta untuk mengecek pada akun resmi medsos BNPB. Selain itu, dipastikan BNPB tidak pernah menyebarkan informasi kebutuhan atau donasi mengatasnamakan perorangan. (OL-14)

Baca Juga

MI/RAMDANI

Jumatan Perdana Tetap Jalankan Protokol Kesehatan

👤Dhk/Put/Uta/Tri/Alw/MetroTV/X-10 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 05:15 WIB
Jemaah salat Jumat menjalankan protokol kesehatan dengan mengenakan masker, mencuci tangan sebelum masuk masjid, dan menjaga jarak. Selain...
Antara/Indrianto Eko Suwarso

Pejalan Kaki dan Pesepeda Jadi Raja Jalanan Selama PSBB Transisi

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 05 Juni 2020, 23:30 WIB
Dalam pasal 21 ayat 1 berbunyi 'Selama masa transisi untuk semua ruas jalan diutamakan bagi pejalan kaki dan pengguna transportasi...
MI/Ramdani

Anies Resmi Teken Keputusan Tentang PSBB Transisi

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 05 Juni 2020, 22:42 WIB
Keputusan Gubernut No 563 tahun 2020 tentang Pemberlakuan, Tahapan, dan Pelaksanaan Kegiatan/Aktivitas PSBB Pada Masa Transisi Menuju...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya