Rabu 29 April 2020, 14:09 WIB

​​​​​​​3 Prediksi Akhir Penyebaran Korona versi LSI Denny JA

Cahya Mulyana | Humaniora
​​​​​​​3 Prediksi Akhir Penyebaran Korona versi LSI Denny JA

MI/BARRY FATHAHILLAH
etugas medis menggunakan alat pelindung diri (APD) memeriksa kesehatan tunawisma di tempat penampungan GOR Ciracas, Jaktim, Rabu (29/4).

 

LINGKARAN Survei Indonesia (LSI) Denny JA mengolah data mengenai data seputar virus korona atau covid-19. Hasilnya terdapat tiga kemungkinan dari akhir cerita virus ini di Indonesia.

"Pertama, 99% kasus virus korona selesai sebelum vaksin untuk virus itu ditemukan. Pada Juli- September 2020 adalah rentang waktu dimana virus korona tak lagi menjadi masalah bagi dunia," kata pendiri LSI, Denny Januar Ali (JA) dalam keterangan resmi, Rabu (29/4).

Menurut dia, kondisi pada kesimpulan pertama ini pasien atau masyarakat yang terpapar virus korona tetap ada namun grafiknya menurun signifikan. Pasalnya puncak pandemik sudah terlewati.

Kesimpulan kedua, lanjut dia, negara Indonesia termasuk negara menengah dari sisi kecepatan menyelesaikan kasus virus korona untuk mencapai level 99% tuntas. Diperkirakan, Indonesia memasuki era hampir normal virus corona (99%) di bulan Juni 2020.

Hal ini dengan asumsi aneka protokol kesehatan yang digariskan WHO dan pemerintah RI dipatuhi. Antara lain social distancing, work from home, larangan mudik, dan sebagainya.

"Ketiga, 100% Indonesia dan dunia bebas dari virus korona ketika vaksin atas virus itu ditemukan. Rentang waktu penemuan virus sekitar Mei- Juli 2021," urainya.

Ketika vaksin ditemukan, virus korona berubah efeknya hanya seperti penyakit biasa yang tidak lagi mematikan. Ketiga kesimpulan tadi, kata Denny berasal dari pengolahan data worldometer data dunia virus korona, Singapore University of Technology and Design serta berbagai hasil riset lain.

Baca juga: Simulasi AI: Pandemi Covid-19 di Indonesia Berakhir 3 Juni

Data dari worldometer menunjukkan, protokol kesehatan itu efektif bekerja untuk rata rata dunia. Sebelumnya, penambahan kasus baru yang terpapar grafiknya menanjak signifikan. Tapi sejak 1 April 2020, penambahan kasus baru terpapar mulai menunjukkan grafik yang landai.

Riset ini menyertakan kasus empat negara yakni Jerman, Korea Selatan, Australia dan Selandia Baru. Terbaca di grafik itu, betapa kasus baru harian yang terpapar menurun secara signifikan. Pada empat negara itu, grafik menunjukkan puncak pandemik sudah terlampaui.

Singapore University of Technology and design mengembangkan model prediksi lebih jauh. Trend data dunia itu dibaca dengan menggunakan artificial inteligence. Dari berbagai negara dunia, model itu menyimpulkan 99% kasus dunia selesai Agustus 2020.

Memperkaya riset Singapore University dengan aneka prediksi yang dikembangkan banyak lembaga. "Kami lebih menyimpulkan rentang waktu Juli - September 2020 sebagai rentang waktu selesainya 99% kasus virus korona," urainya.

Prediksi ini, kata Denny, lebih aman karena menggunakan plus minus satu bulan sebagai margin of error dibandingkan yang dinyatakan Singapore University. Namun demikian penelitiannya kali ini dibangun dengan aneka asumsi. Dengan sendirinya jika asumsi itu dilanggar maka prediksi tidak terjadi.

Asumsi yang utama adalah protokol kesehatan yang ditetapkan WHO, aneka pemerintahan, termasuk pemerintah Indonesia, dipatuhi. Protokol kesehatan itu antara lain social distancing, physical distancing, menggunakan masker, mencuci tangan, dan lain sebagainya.

Asumsi lain, vaksin ditemukan pertengahan tahun depan jika kecepatan penelitian labolatorium sama seperti yang sekarang terjadi. Kemudian tidak pula lahir mutasi baru virus corona yang kembali menyerang.

"Seminggu-dua minggu setelah lebaran, jika protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah dipatuhi maka Juni 2020 kehidupan kembali hampir normal," pungkasnya. (A-2)

 

 

Baca Juga

covid19.go.id/Riset MI-NRC

Pola Hidup Baru Turunkan Penularan Covid-19

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 05:47 WIB
Data terbaru pasien sembuh dari covid- 19 bertambah lagi 252 orang sehingga total pasien sembuh menjadi...
MI/BARY FATHAHILAH

Kemenag Beri Wewenang kepada Kecamatan

👤Ifa/Ins/JS/X-11 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 05:30 WIB
Kebijakan itu akan dievaluasi setiap bulan terkait dengan situasi pandemi. Bila ada rumah ibadah di sebuah kecamatan tapi sering digunakan...
Dok Instagram @armandmaulana04

Armand Maulana Hibur Tenaga Medis

👤MI 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 04:10 WIB
PENYANYI Armand Maulana, 49, telah menjalankan beragam aksi sosial selama pandemi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya