Rabu 29 April 2020, 12:28 WIB

Daya Beli Masyarakat di Makassar Turun

Lina Herlina | Nusantara
Daya Beli Masyarakat di Makassar Turun

MI/Lina Herlina
Penjabat Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb mengikuti high level meeting TPID se Sulsel, Rabu (29/4/2020)

 

PENJABAT Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb menyatakan kondisi perekonomian di Makassar mengalami kelesuan saat terjadi pandemik covid-19. Permintaan barang sangat rendah. Iqbal menyampaikan hal itu saat mengikuti high level meeting bersama TPID se Sulsel melalui konferensi video, Rabu (29/4). Iqbal menyampaikan, kondisi ketersedian bahan pangan di tengah pandemi covid-19. Menurutnya, harga beberapa kebutuhan pangan mengalami penurunan seperti ikan, maupun sayur mayur.

"Penurunan harga ikan dan beberapa harga pangan lainnya dikarenakan permintaan menurun. Tidak ada lagi permintaan dari restoran," ungkap Iqbal, Rabu (29/4).

Dia juga mencontohkan harga beras medium umumnya Rp9 ribu per kg. Sekarang turun Rp200 menjadi Rp8.800 per kilogram. Harga daging ayam juga turun, dari Rp30 ribu per ekor untuk ukuran sedang menjadi Rp25 ribu per ekor. Sedangkan harga beras kepala dari Rp10 ribu per kg, jadi Rp11.500 per kg. Daging sapi dari Rp100 ribu jadi 
Rp120 ribu per kg. Telur ayam negeri dari Rp38 ribu per rak jadi Rp42 ribu per rak.

"Yang terbatas di pasaran saat ini, yaitu gula pasir, khususnya gula kemasan sehingga konsumen lebih banyak memburu gula curah. Itu pun harganya masih Rp18 ribu per kilogram," ungkap Iqbal.

baca juga: Petani Minahasa Selatan Sukses Budidaya Cabai

Meski demikian, Pemkot Makassar lanjut Iqbal, bekerja sama dengan sejumlah perusahaan penyedia jasa belanja daring, untuk memudahkan masyarakat berbelanja berbagai kebutuhan pangan dengan cashless, maupun cash on delivery di pasar-pasar tradisional.

"Berbelanja melalui aplikasi online yang telah disiapkan di pasar-pasar tradisional di kota Makassar, memudahkan masyarakat di masa PSBB penanggulangan Covid-19, karena harga pun terbilang stabil," tutup Iqbal. (OL-3)

Baca Juga

MI/Cikwan Suwandi

Bupati Cellica: Relokasi Warga Desa Cemarajaya Tertunda Covid-19

👤Cikwan Suwandi 🕔Jumat 05 Juni 2020, 18:00 WIB
DIHANTAM banjir rob selama dua hari, sebanyak 162 rumah di Desa Cemarajaya, Kecamatan Cibuaya, Karawang rusak ringan dan berat. Diantaranya...
MI/Anggoro

Mau Berwisata ke Pangandaran Siapkan Hasil Rapid Test

👤Adi Kristiadi 🕔Jumat 05 Juni 2020, 17:55 WIB
PEMERINTAH Kabupaten Pangandaran kembali membuka seluruh destinasi wisata di wilayahnya mulai hari ini (Jumat,...
MI/Depi Gunawan

Satu Warga Positif Covid se-RT Dikarantina

👤Depi Gunawan 🕔Jumat 05 Juni 2020, 17:05 WIB
SATU RT di Kelurahan Karangmekar, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi dikarantina setelah satu orang warganya dinyatakan positif terpapar...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya