Rabu 29 April 2020, 11:50 WIB

660 Perusahaan Langgar PSBB, 101 Perusahaan Ditutup

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
660 Perusahaan Langgar PSBB, 101 Perusahaan Ditutup

MI/RAMDANI
Pekerja melewati trotoar selepas jam kantor di kawasan Sudirman, Jakarta, Selasa (21/4).

 

DINAS Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi DKI mencatat ada 660 perusahaan yang melanggar aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta. Sebanyak 101 perusahaan di antaranya ditutup sementara.

Jumlah ini merupakan hasil sidak Pemprov DKI semenjak 14 April hingga 28 April. 

Sebanyak 101 perusahaan yang ditutup itu melanggar karena masih beroperasi padahal bukan termasuk sektor yang dikecualikan selama PSBB.

"(Sebanyak) 101 perusahaan ini tidak dikecualikan namun tetap melakukan kegiatan usahanya dan telah dilakukan penghentian sementara kegiatan usahanya," kata Kadisnakertrans DKI Jakarta Andri Yansyah saat dikonfirmasi, Rabu (29/4).

Kemudian, ada 559 perusahaan lainnya dikenai sanksi berupa peringata karena tidak menjalankan protokol kesehatan yang diatur dalam peraturan PSBB. Perusahaan ini merupakan kategori yang dikecualikan beroperasi saat PSBB dan yang diberi izin oleh Kementerian Perindustrian untuk tetap beroperasi.

"Sebanyak 119 perusahaan di antaranya masuk dalam kategori yang tidak dikecualikan tapi sudah memiliki izin dari Kementerian Perindustrian untuk tetap beroperasi namun tidak melaksanakan protokol kesehatan secara menyeluruh. Sedangkan 440 perusahaan adalah perusahaan yang dikecualikan, tapi tidak juga melakukan protokol kesehatan," jelas Andri.

Baca juga: Polisi Diminta tidak Langgar HAM Saat Tegakkan Aturan PSBB

Sementara itu saat ini Jakarta telah memasuki PSBB Periode kedua hingga 22 Mei. Penetapan PSBB di perode kedua ini merupakan perpanjangan dari PSBB periode pertama yang berlaku 10-23 April lalu. 

Dalam Peraturan Gubernur No. 33 tahun 2020 tentang Pelasanaan PSBB untuk Pencegahan Penularan Covid-19 terdapat 11 sektor usaha yang dikecualikan dan boleh berkegiatan usaha selama PSBB di antaranya kesehatan, logistik, komunikasi dan telekomunikasi, konstruksi, pangan/minuman, transportasi, industri strategis, pelayanan dan jasa utilitas. (A-2)

Baca Juga

Antara/Risyal Hidayat

New Normal, LRT Jakarta Sediakan Footswitch Saat Masuk Lift

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 01 Juni 2020, 10:20 WIB
Pada saat kenormalan baru atau new normal diterapkan di Jakarta, transportasi light rail transit (LRT) Jakarta bakal meniadakan kontak...
MI/MOHAMAD IRFAN

​​​​​​​Selama Mei, 205 Orang Masuk ke Jakarta Lewat Pulo Gebang

👤Tri Subarkah 🕔Senin 01 Juni 2020, 09:55 WIB
"Kedatangan penumpang sejak 9 Mei sampai 31 Mei berjumlah 205 orang dengan menggunakan 43 bus," Kasatpel Operasional dan...
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Pusat-Daerah Harus Bersinergi Bahas Pembukaan Sekolah

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Senin 01 Juni 2020, 08:09 WIB
"Saran kami, Gugus Tugas Nasional dengan kementerian terkait duduk bersama Pemprov DKI mengulas hasil evaluasinya berdasarkan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya