Rabu 29 April 2020, 14:30 WIB

Longgarkan Lockdown, Ini 4 Tahapan yang Dilakukan Spanyol

Nur Aivanni | Internasional
Longgarkan Lockdown, Ini 4 Tahapan yang Dilakukan Spanyol

AFP
Perdana Menteri Pedro Sanchez

 

PERDANA Menteri Spanyol Pedro Sanchez mengatakan pada Selasa (28/4) bahwa penguncian wilayah atau lockdown akibat pandemi virus korona di Spanyol akan secara bertahap dilonggarkan dalam empat tahap yang harus diselesaikan pada akhir Juni.

Setiap tahapan akan berlangsung setidaknya dua minggu sejalan dengan masa inkubasi virus. Tahap pertama adalah tahap persiapan yang dimulai pada 26 April yakni, ketika Spanyol mengizinkan anak-anak untuk pergi keluar selama satu jam dalam sehari bersama orang tua mereka dalam radius satu kilometer dari rumah.

Baca juga: Kasus Covid-19 Italia Tembus 200.000

Dikutip dari Channel News Asia, Rabu (29/4), pada tanggal 2 Mei, sisa penduduk lainnya akan diizinkan berjalan-jalan atau berolahraga secara individu.

Kantor-kantor pemerintah akan dibuka untuk mereka yang memiliki janji lebih dahulu dan restoran mulai bisa melayani pesanan untuk dibawa pulang.

Atlet profesional akan bisa melanjutkan latihan secara individu dan semua lokasi publik akan dibersihkan dan disiapkan untuk tahap satu.

Untuk tahap satu diperkirakan akan dimulai pada 11 Mei. Bar dan restoran akan dibuka kembali tetapi tetap harus membatasi pelanggan hingga sepertiga dari kapasitas normalnya.

Hotel dan akomodasi wisata akan dibuka sambil menutup area umum dan harus mematuhi pembatasan kapasitas.

Toko-toko kecil juga kemungkinan akan dibuka, tetapi bukan untuk area perbelanjaan yang besar dan semua aktivitas komersial harus mencakup jam khusus yang diperuntukkan bagi orang yang berusia di atas 65-an.

Tempat ibadah bisa dibuka kembali tetapi dengan kapasitas hanya sepertiga dari biasanya.

Lebih lanjut, pada tahap dua, bar dan restoran akan bisa menerima pelanggan hanya untuk layanan meja dan membatasi jumlahnya hingga sepertiga dari kapasitas normal.

Sekolah akan dibuka untuk anak di bawah enam tahun yang orang tuanya tidak bisa bekerja dari rumah.

Tempat-tempat ibadah bisa memperluas jumlah orang yang datang hingga 50 persen dari kapasitas normal mereka. Acara budaya juga bisa dimulai lagi dengan jumlah kapasitas dibatasi hingga 50 persen.

Adapun tahap tiga merupakan langkah terakhir sebelum Spanyol memasuki ke kehidupan "normal yang baru".

Semua toko nantinya akan dibuka, sambil mematuhi kapasitas 50 persen dengan pelanggan tetap menaati aturan untuk menjaga jarak sosial.

Baca juga: Pengungsi Internal di Dunia Kini 50,8 Juta Jiwa

Kapasitas restoran akan dilonggarkan sambil memastikan pemisahan yang ketat antara pelanggan.

Meskipun pembatasan pergerakan akan dilonggarkan lebih jauh, warga tidak diizinkan untuk melakukan perjalanan antar daerah sampai menyelesaikan tahap tiga. Penggunaan masker di luar rumah juga "sangat direkomendasikan", terutama saat menggunakan transportasi umum. (CNA/OL-6)

Baca Juga

AFP/Christopher Black

WHO Bentuk Yayasan untuk Tingkatkan Pendanaan Anti-Covid-19

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Kamis 28 Mei 2020, 08:18 WIB
Upaya ini untuk membantu meringankan kekurangan uang tunai potensial saat memimpin perjuangan global melawan pandemi virus korona baru...
AFP/Karen Ducey

Kematian akibat Covid-19 di AS Lampaui Angka 100.000 Jiwa

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Kamis 28 Mei 2020, 07:57 WIB
Universitas Johns Hopkins mencatat angka kematian di AS yang dikonfirmasi tepat sebelum pukul 22.00 waktu setempat adalah 100.047 jiwa,...
AFP

Pasar Malam di Jepang di Era Normal Baru

👤MI 🕔Kamis 28 Mei 2020, 02:10 WIB
KETIKA pasar malam di Jepang perlahanlahan dibuka kembali, sekelompok operator taman bermain telah merilis pedoman...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya