Rabu 29 April 2020, 07:19 WIB

Terminal Bus di Aceh Sepi, Imbas Larangan Mudik

Amiruddin Abdullah Reubee | Nusantara
Terminal Bus di Aceh Sepi, Imbas Larangan Mudik

ANTARA FOTO/Ampelsa
Bus trayek Banda Aceh-Medan (Sumut) meninggalkan Terminal Batoh, di Banda Aceh, Aceh, Senin (30/3/2020)

 

IMBAS adanya larangan mudik menyebabkan terminal-terminal bus di Provinsi Aceh sepi. Biasanya pada Ramadan, sudah banyak pemudik yang datang dari luar Aceh memasuki Aceh dengan menggunakan bus-bus antar kota antar provinsi. Namun sejak pemerintah mengeluarkan larangan mudik, aktivitas terminal bus sangat sepi. Umumnya bus-bus antarkabupaten beroperasi. Sedangkan bus jarak jauh seperti Medan, Riau, Padang, Palembang, Lampung dan kota-kota di Pulau Jawa nyaris tidak ada karena tidak ada penumpang.

"Sekarang penumpang tujuan luar Aceh sangat sepi pada siang hari. Kecuali ada sedikit penumpang tujuan ke Medan, Sumatra Utara pada malam hari. Kalau dari Medan, mauk ke Aceh biasanya saat menjelang sibuh atau pagi hari" kata seorang agen penumpang bus di terminal tipe B, Sigli, Kabupaten Pidie, Selasa (28/4).

Kondisi serupa juga terjadi di terminal bus tipe A, Batoh, Banda Aceh dan terminal bus tipe A, Kota Lhokseumawe. Tidak ada kesibukan penumpang atau keluar masuk bus dari berbagai arah tujuan. Hanya  minibus antar kabupaten/kota yang mengangkut penumpang. Itu pun sangat sedikit jumlahnya.

Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A, Kota Lhokseumawe, Iin Indawati mengatakan meskipun Aceh belum melaksanakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), jumlah penumpang yang turun naik di terminal terus berkurang. Meski jumlah penumpang turun drastis, pihak terminal tetap memberlakukan protokol pencegahan covid-19.

baca juga: Banyumas Denda Warga tidak Bermasker


"Tetap dijalankan aturan menjaga jarak, menghindari kontak fisik, cuci tangan dengan sabun, perusahaan bus harus menyediakan wastafel, dan semua orang harus memakai masker. Kami sudah sosialisasikan ke setiap loket bus," kata Iin. (OL-3)
 

Baca Juga

ANTARA/Septianda Perdana

Pasien Positif Covid-19 di Pematangsiantar Bertambah 6 Orang

👤Apul Iskandar 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 10:03 WIB
Saat ini, pasien positif covid-19 di Pematangsiantara menjadi 13...
ANTARA/Bayu Pratama S

Kasus Covid-19 di Kalsel Diprediksi Tembus 1.000 pada Awal Juni

👤Denny Susanto 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 09:30 WIB
Saat ini, jumlah warga Kalsel yang positif terpapar virus korona sudah sebanyak 893...
Mi/Hijrah Ibrahim

Istri Wali Kota Tidore Juga Dipastikan Positif Covid-19

👤Hijrah Ibrahim 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 09:01 WIB
Transmisi lokal istri wali kota dimaksud adalah dari pasien nomor 100 yakni mendiang Sekretaris Kota Tidore Kepulauan, Asrul Sani Soleman,...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya