Selasa 28 April 2020, 18:00 WIB

Dampak Covid-19 Gangguan Jiwa di Depok Meningkat

Kisar Rajagukguk | Megapolitan
Dampak Covid-19 Gangguan Jiwa di Depok Meningkat

MI/Kisar Rajagukguk
Sekda Kota Depok Hadiono

 

ORANG dalam gangguan jiwa (ODGJ) ditengah pendemi korona atau covid-19, diprediksi meningkat. Hal ini terlihat dari banyaknya kunjungan ODGJ ke rumah sakit jiwa (RSJ) di Kota Depok. Begitupun pemandangan di jalan-jalan, ODGJ bertambah.

"Pastinya demikian walaupun belum ada datanya," ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok Hardiono di Balaikota Depok, Selasa (28/4).

Menurut Hardiono, dampak covid-19 tidak hanya menyerang kesehatan fisik, melainkan juga kesehatan mental. "Pendemi covid-19 bisa bikin pasien gangguan jiwa semakin naik, " ucapnya.

Kasus pendemi covid-19, sambungnya, beresiko membuat gangguan cemas dan psikosomatik atau penyakit fisik yang disebabkan oleh pikiran. Kedua gangguan ini dapat terjadi terlebih pada masa pendemi covid-19 ini.

Dengan demikian,  ungkap Hadiona, masa pendemi ini membuat penyakit kejiwaan meningkat dan rentan menyerang baik orang sehat, maupun mereka yang pernah mengalami sakit mental.

Pemerintah Kota Depok dalam hal ini Dinas Kesehatan, akan segera melakukan langkah penanganan ODGJ. " Kita akan melakukan pelacakan terhadap ODGJ, " ujar dia. (OL-13)

Baca Juga: Napi Asimilasi Kembali Kambuh di Jaktim

Baca Juga: Di Jaksel, Tunawisma Ditempatkan di GOR Pasar Minggu

Baca Juga

Antara/Risyal Hidayat

New Normal, LRT Jakarta Sediakan Footswitch Saat Masuk Lift

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 01 Juni 2020, 10:20 WIB
Pada saat kenormalan baru atau new normal diterapkan di Jakarta, transportasi light rail transit (LRT) Jakarta bakal meniadakan kontak...
MI/MOHAMAD IRFAN

​​​​​​​Selama Mei, 205 Orang Masuk ke Jakarta Lewat Pulo Gebang

👤Tri Subarkah 🕔Senin 01 Juni 2020, 09:55 WIB
"Kedatangan penumpang sejak 9 Mei sampai 31 Mei berjumlah 205 orang dengan menggunakan 43 bus," Kasatpel Operasional dan...
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Pusat-Daerah Harus Bersinergi Bahas Pembukaan Sekolah

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Senin 01 Juni 2020, 08:09 WIB
"Saran kami, Gugus Tugas Nasional dengan kementerian terkait duduk bersama Pemprov DKI mengulas hasil evaluasinya berdasarkan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya