Selasa 28 April 2020, 17:43 WIB

Khawatir NPL Naik, Banyak Investor Lepas Saham Perbankan

Despian Nurhidayat | Ekonomi
Khawatir NPL Naik, Banyak Investor Lepas Saham Perbankan

Antara/Indrianto Eko
Layar pergerakan saham di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta.

 

INVESTOR asing masih mencatatkan jual bersih Rp 516,22 miliar dan terpantau terus keluar dari pasar saham Indonesia. Berdasarkan data BEI hingga perdagangan Senin (27/4) kemarin, akumulasi jual bersih (net sell) investor asing mencapai Rp 18,06 miliar di seluruh pasar secara year to date.

Dari lima besar saham yang paling banyak dilepas oleh investor asing sepekan terakhir, saham perbankan tergolong dominan. Analis Binaartha Sekuritas, M Nafan Aji Gusta Utama, menilai hal ini disebabkan berbagai faktor ketidakpastian global yang memicu kekhawatiran investor. Khususnya terkait kenaikan Non Performing Loan (NPL).

Baca juga: Bos BEI: Covid-19 Tidak Halangi Perusahaan Masuk Pasar Modal

"Biasanya alasan investor melepas saham bank terkait dengan kekhawatiran akan terjadinya kenaikan NPL akibat faktor perlambatan pertumbuhan ekonomi, yang disebabkan pandemi covid-19," ungkap Nafan saat dihubungi, Selasa (28/4).

Selain itu, Nafan berpendapat persoalan merger bank yang dilakukan Bank Banten dan Bank BJB, bukan menjadi salah faktor penyebab. Mengingat, masalah merger belum termasuk kategori big caps atau saham unggulan.

Baca juga: Sentimen Negatif Belum Reda, Saham BUMN Terkoreksi

"Kalau merger itu diperlukan dalam rangka meningkatkan aset dan efisiensi bisnis. Sekaligus untuk meningkatkan status bank ke depan. Secara bank tersebut masih dalam kategori buku 3," imbuh Nafan.

Secara keseluruhan, dia memandang pelepasan saham oleh investor asing mayoritas dipengaruhi faktor pandemi covid-19. Kemudian, ditambah dengan kekhawatiran resesi ekonomi global.

"Saat ini ada beberapa hal yang diperhatikan investor. Di antaranya besok malam akan ada data GDP AS triwulan I 2020 dengan proyeksi minus 3,9%. IKK AS juga diprediksi kontraksi ke angka 88,3 pada pengumuman malam ini," pungkasnya.(OL-11)

 

Baca Juga

ANTARA

Ini Penjelasan Dirjen Pajak Soal Pungutan PPN untuk Netflix Cs

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Rabu 03 Juni 2020, 18:10 WIB
Perusahaan penghasil barang maupun jasa itu hanya dapat memungut pajak PPN bila sudah ditetapkan sebagai pemungut PPN oleh pemerintah...
Ist/PLN

PLN Berencana Rombak Struktur Manajemen

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 03 Juni 2020, 17:31 WIB
Syofvi Felienty Roekman, Direktur Sumber Daya Manusia PLN, mengatakan untuk struktur organisasi korporat memang sudah...
DOK BUKOPIN

Bukopin Salurkan Bantuan CSR Bagi Warga Terdampak Covid di Solo

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 03 Juni 2020, 17:23 WIB
Bahan pokok ini terdiri dari beras, minyak goreng, dan gula kepada masyarakat sekitar yang terdampak pandemi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya