Selasa 28 April 2020, 16:40 WIB

Dukung Indonesia Lawan Covid-19, UEA Sumbang Alat Kesehatan

Nur Aivanni | Internasional
Dukung Indonesia Lawan Covid-19, UEA Sumbang Alat Kesehatan

Antara/Septianda Perdana
Petugas membongkar muat sejumlah paket berisi alat kesehatan di Lanud Soewondo Polonia, Medan.

 

UNI Emirat Arab (UEA) memberikan bantuan alat kesehatan kepada Indonesia. Pemberian bantuan untuk mendukung upaya Indonesia melawan pandemi virus korona (covid-19).

Direktur Timur Tengah Kementerian Luar Negeri, Rizal Purnama, mengatakan kerja sama dan kolaborasi internasional tetap harus dilakukan di tengah pandemi. Pasalnya, lanjut dia, tidak ada satu negara pun yang dapat menghadapi covid-19 sendirian.

Baca juga: Berpacu dengan Covid-19, Jokowi: Kebut Produksi Alat Kesehatan

"Kita mendapatkan bantuan atau dukungan dari UEA berupa alat medis. Pada saat yang sama, pesawat yang kembali ke UEA akan membawa buah segar dan sayur dari Indonesia. Sehingga kita bisa memitigasi dampak ekonomi dan sosial dari covid-19," ujar Rizal dalam telekonferensi dari BNPB, Selasa (28/4).

Dalam kesempatan tersebut, Duta Besar UEA untuk Indonesia, Abdulla Salem Al-Dhaher, mengatakan bantuan alat medis dengan berat mencapai 20 ton, merupakan upaya UEA untuk mendukung negara lain dalam melawan pandemi.

Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan, Oscar Primadi, menyampaikan terima kasih kepada UEA atas bantuan tersebut. Menurutnya, bantuan itu menandakan kepedulian dan perhatian terhadap pihak yang bekerja di bidang kesehatan.

Baca juga: WHO: Kelangkaan Masker Bisa Menghambat Penanganan Covid-19

"Ini jadi semangat kami untuk bersama-sama dan bersatu menghadapi pandemi covid-19," pungkas Oscar.

Adapun rincian bantuan yang disalurkan UEA ialah 100 ribu alat pelindung diri (APD), 500 ribu sarung tangan, 50 ribu masker, 30 ribu sepatu dan 20 ribu sanitizer. "Atas nama pemerintah Indonesia dan gugus tugas, kami mengucapkan terima kasih. Semoga ke depan kerja sama yang baik antara Indonesia dan UEA dapat berjalan dengan baik," imbuh Sestama BNPB, Harmensyah.(OL-11)

 

 

Baca Juga

MI/ZUBAEDAH HANUM i

Mumbai Sepi, Warga Berlindung Sebelum Badai

👤Antara 🕔Rabu 03 Juni 2020, 23:49 WIB
Kota Mumbai akan menghadapi badai topan dan otoritas setempat pada Selasa malam bekerja sampai larut mengevakuasi ribuan orang dari area...
AFP PHOTO / ABBAS MOMANI

Jalur Gaza Gembira Masjid dan PAUD Kembali Dibuka

👤Antara 🕔Rabu 03 Juni 2020, 23:39 WIB
MASJID-masjid kembali dibuka bagi para jamaah dan anak-anak kembali ke bangku pendidikan anak usia dini (PAUD)  pada Rabu (3/6)...
AFP/MARTY MELVILLE

Lawan Kemiskinan Selandia Baru Sediakan Pembalut Gratis

👤Antara 🕔Rabu 03 Juni 2020, 23:31 WIB
Kebijakan terkini untuk melawan kemiskinan terkait menstruasi yang dikenal dengan istilah period poverty itu akan dimulai Juli mendatang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya