Selasa 28 April 2020, 16:13 WIB

Presiden: Larangan Penerbangan Ganggu Distribusi Bahan Pokok

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Presiden: Larangan Penerbangan Ganggu Distribusi Bahan Pokok

Antara
Sejumlah pesawat dari beberapa maskapai penerbangan diparkir di Apron Bandara El Tari Kupang, NTT, Selasa (28/4/2020).

 

PRESIDEN Joko Widodo meminta Kementerian Perhubungan mengkaji ulang kebijakan pelarangan penerbangan pesawat penumpang di dalam negeri. Instruksi tersebut dikeluarkan setelah Jokowi menerima laporan dari beberapa daerah yang mengeluhkan keterlambatan distribusi bahan pangan karena kebijakan pembatasan transportasi udara.

Sedianya, Kemenhub masih mengizinkan layanan penerbangan seperti angkutan kargo. Tetapi, secara operasional, penerbangan kargo masih sangat bergantung kepada penerbangan angkutan penumpang.

Baca juga:Presiden Minta Menteri Percepat Pendataan Stok Pangan di Daerah

"Yang namanya pesawat, kalau yang jalan hanya kargo, penumpang tidak, tentu hitungannya akan sulit. Karena sebetulnya kargo itu mengikuti pesawat yang berpenumpang. Ini tolong betul-betul kita exercise sehingga jangan sampai distribusi bahan pokok terganggu," ujar Presiden dalam saat memimpin rapat terbatas secara virtual, Selasa (28/4).

Presiden pun mengingatkan bahwa Indonesia adalah negara kepulauan sehingga proses distribusi barang sangat bergantung pada transportasi laut dan udara.

Jangan sampai kebijakan yang diterapkan untuk mengatasi satu permasalahan malah menimbulkan persoalan baru.

Penyaluran bahan pangan, lanjutnya, harus terus berjalan tanpa ada hambatan walaupun di tengah masa pandemi covid-19. Terlebih, saat ini merupakan periode Ramadan yang seringkali diasosiasikan dengan lonjakan permintaan.

Baca juga:Kemenperin: Pandemi Guncang 60% Industri di Tanah Air

"Oleh sebab itu transportasi distribusi pangan antarwilayah tidak boleh terganggu. Saya akan cek terus ini karena dengan penerapan PSBB dari beberapa provinsi, beberapa kabupaten kota, memang saya mendengar ada satu dua yang mulai terganggu terutama yang berkaitan dengan transportasi pesawat," jelas Jokowi. (Pra/A-3)

Baca Juga

DOK. ADE DANHUR/TIM MEDIA JK

Uniqlo Donasikan 10.000 Kaus untuk PMI

👤(Dro/S-3) 🕔Jumat 10 Juli 2020, 02:30 WIB
UNIQLO Indonesia membantu penanganan covid-19 dengan memberikan 10 ribu kaus AIRism UV Protection lengan panjang untuk tenaga medis...
DOK. ZEEUS-POMONA

Zeeus-Pomona Perluas Jaringan UMKM

👤(RO/S-3) 🕔Jumat 10 Juli 2020, 02:25 WIB
ZEEUS, perusahaan distribusi yang berjasa mendistribusikan produk dari Unilever dan Sosro, bersama Pomona, platform digital lokapasar dan...
DOK. JUARA SNACK

Juara Snack, Panen Orderan selama PSBB

👤(Dro/S-3) 🕔Jumat 10 Juli 2020, 02:20 WIB
SITUASI covid-19 tidak memukul semua jenis usaha, salah satunya ialah bisnis camilan. Seperti dialami Juara Snack yang kebanjiran order...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya