Selasa 28 April 2020, 10:55 WIB

Trump Salahkan Tiongkok Terkait Penyebaran Covid-19

Nur Aivanni | Internasional
Trump Salahkan Tiongkok Terkait Penyebaran Covid-19

AFP/MANDEL NGAN
Presiden Amerika Serikat Donald Trump

 

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan, pada Senin (27/4), bahwa Tiongkok dapat menghentikan virus covid-19 sebelum melanda dunia. Saat ini, lanjut Trump, pemerintahannya sedang melakukan investigasi atas apa yang terjadi.

"Kami melakukan penyelidikan yang sangat serius. Kami tidak senang dengan Tiongkok," ujar Trump dalam konferensi pers Gedung Putih, seperti dikutip dari Channel News Asia, Selasa (28/4).

"Ada banyak cara Anda dapat meminta pertanggungjawaban mereka. Kami percaya itu bisa dihentikan dari sumbernya. Itu bisa dihentikan dengan cepat, sehingga tidak akan menyebar ke seluruh dunia," katanya.

Baca juga: DPR AS Minta Penjelasan Soal Penghentian Dana untuk WHO

Kritik Trump adalah yang terbaru dari pemerintahannya yang menargetkan penanganan Tiongkok terhadap wabah covid-19 yang dimulai akhir tahun lalu di kota Wuhan, Tiongkok dan telah berkembang menjadi pandemi global.

Saat ditanya apakah AS akan mempertimbangkan hal yang sama dengan editorial surat kabar Jerman yang meminta Tiongkok untuk membayar Jerman senilai $165 miliar sebagai ganti rugi karena kerusakan ekonomi akibat virus tersebut, Trump menjawab pihaknya bisa melakukan sesuatu yang lebih mudah dari itu.

"Kami berbicara tentang lebih banyak uang daripada yang dibicarakan Jerman. Kami belum menentukan jumlah akhir," kata Trump. "Ini sangat substansial," tambahnya.

Menurut penghitungan Reuters, wabah virus covid-19 telah menewaskan lebih dari 207.000 orang di seluruh dunia. Di AS ada lebih dari 55.000 korban jiwa. (CNA/OL-14)

Baca Juga

INSTAGRAM/kbridsm

Berbagi Keceriaan Idulfitri untuk WNI di Tanzania

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 25 Mei 2020, 14:00 WIB
Duta Besar RI Dar es Salaam Prof. Dr. Ratlan Pardede berharap Idulfitri tahun ini tidak kehilangan makna karena keterbatasan yang ada...
AFP/KARIM JAAFAR

Dianggap Langgar Privasi, Aplikasi Covid-19 Qatar Tuai Kecaman

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 25 Mei 2020, 12:15 WIB
Aplikasi versi Qatar ini juga memaksa pengguna gawai Android untuk mengizinkan akses ke galeri foto dan video serta mengizinkan aplikasi...
AFP/Behrouz MEHRI

Jepang Berencana Cabut Darurat Covid-19

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 25 Mei 2020, 11:25 WIB
Mayoritas warga menuruti imbauan itu dengan mayoritas jalan di Tokyo menjadi sepi dan angka infeksi covid-19 turun dari 700 per hari...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya