Selasa 28 April 2020, 09:53 WIB

​​​​​​​OSCE Deteksi Perangkat Keras Militer Rusia Baru di Ukraina

Haufan Hasyim Salengke | Internasional
​​​​​​​OSCE Deteksi Perangkat Keras Militer Rusia Baru di Ukraina

AFP/ YEVGEN HONCHARENKO
Petugas militer Ukraina berjaga-jaga di perbatasan Donetsk region, di Timur Ukraina, Kamis (16/4).

 

MISI Pemantau Khusus Organisasi untuk Keamanan dan Kerjasama di Eropa (OSCE) untuk Ukraina mengatakan, Senin (27/4), pihak mereka telah menemukan bukti baru kehadiran militer Rusia di Ukraina di daerah yang tidak dikendalikan pemerintah.

“Pada 10 Maret, sebuah SMM mini-UAV mendeteksi tiga sistem perang elektronik Rusia baru RB-636 Svet-KU, RB-341V Leer-3, dan R-934B Sinitsa di sebuah kompleks di pinggiran selatan Kota Luhansk, 13 kilometer dari jalur kontak di daerah yang tidak dikendalikan pemerintah,” kata misi itu dalam sebuah pernyataan.

"Sistem ini secara aktif digunakan oleh Angkatan Bersenjata Rusia dan tidak pernah secara resmi diekspor sebelumnya," tambahnya.

Baca juga:

Tahun lalu, UAV Ukraina juga melihat sistem perang elektronik radio Rusia (SATCOM jamming) yang baru Tirada-2 dan sistem R-330Zh Zhytel Rusia di wilayah Luhansk, 9 kilometer dari jalur kontak di daerah yang tidak dikendalikan pemerintah tahun lalu, kata pernyataan itu.

"Berlanjutnya agresi Rusia terhadap Ukraina dan dukungan kelompok-kelompok teroris di wilayah Donetsk dan Luhansk adalah pelanggaran mencolok kasar dasar-dasar perdamaian dan keamanan internasional," tambah misi OSCE.

Atase Pertahanan Ukraina Viacheslav Latysh juga mengomentari pernyataan itu, mengatakan temuan itu juga jelas hanya tentara Rusia yang dapat menggunakan dan memelihara peralatan berteknologi tinggi tersebut.

Latysh juga mengatakan Rusia telah melanggar Protokol Minsk dan terus menyerang pasukan Ukraina, menewaskan satu tentara dan melukai 10 lainnya minggu lalu. (AA/A-2)

 

 

Baca Juga

AFP/Kirill Kudryavtsev

Hampir Setengah Juta Orang Terpapar Covid-19 di Rusia

👤Nur Aivanni 🕔Selasa 02 Juni 2020, 18:34 WIB
Korban tewas meningkat 182 menjadi 5.037. Sementara itu, ada 186.985 orang telah pulih, termasuk 11.108 selama 24 jam terakhir, menurut...
AFP/MARTY MELVIL

Pekan Depan, Selandia Baru Akan Hapus Semua Pembatasan

👤Nur Aivanni 🕔Selasa 02 Juni 2020, 16:50 WIB
Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern mengatakan bahwa semua pembatasan yang tersisa dalam upaya membatasi penyebaran virus covid-19...
AFP/OLIVIER DOULIERY

Ratusan Pengunjuk Rasa Ditahan Terkait Demonstrasi George Floyd

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Selasa 02 Juni 2020, 16:35 WIB
Aksi protes berlanjut di ibu kota Amerika Serikat untuk hari keempat, Senin (1/6), atas kematian George Floyd. Para demonstran...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya