Selasa 28 April 2020, 09:16 WIB

Grab Gandeng Kementerian BUMN Hadirkan GrabWheels di Wisma Atlet

Dwi Tupani | Ekonomi
Grab Gandeng Kementerian BUMN Hadirkan GrabWheels di Wisma Atlet

DOK GRAB
Petugas medis di Wisma Atlet sedang mengendarai GrabWheels.

 

GRAB Indonesia telah menandatangani Nota Kesepahaman dengan Tim Gabungan Pengelolaan Wisma Atlet Sebagai RS Darurat covid-19 untuk menyediakan 100 unit GrabWheels. GrabWheels menjadi solusi mobilitas ramah lingkungan yang inovatif di Rumah Sakit Darurat covid-19 Wisma Atlet. 

Tenaga medis dan karyawan rumah sakit akan dapat menggunakan layanan GrabWheels secara gratis untuk bergerak lebih cepat dan lebih efisien di sekitar kompleks luas yang terdiri dari empat menara saat mereka menjalankan tugas mereka.

Nota Kesepahaman ditandatangani oleh Ketua Tim Gabungan Pengelolaan Wisma Atlet Sebagai RS Darurat, Dendi T. Danianto, dan President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata, di kantor Menteri Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia dan disaksikan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia Erick Thohir. Tim Gabungan ini telah dibentuk berdasarkan Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara. 

“Saya rasa merupakan hal yang baik saat kita bergotong royong dalam melawan COVID-19 ini tidak hanya dengan uang dan barang, namun juga dengan teknologi seperti yang disediakan oleh Grab melalui layanan GrabWheels di Wisma Atlet. Kementerian BUMN terus bersinergi dengan banyak pihak swasta, tidak hanya dalam melakukan kegiatan sosial tetapi juga mencari solusi yang terbaik," ujar Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, seperti dilansir keterangan resmi, Senin (27/4). 

"Ke depannya, ibu kota baru juga sangat  technology-minded dan kita dapat belajar dengan solusi teknologi ini. Saya yakin dibawah kepemimpinan Bapak Presiden, kasus COVID-19 ini bisa segera menurun sehingga kita dapat kembali beraktivitas dengan normal,” tambahnya.

Baca juga: 840 Pasien Dirawat di RS Darurat Wisma Atlet

President of Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata, menyatakan, dengan sebagian besar dari kita tinggal di rumah, kita tahu bahwa para pekerja medis, polisi, dan juga tentara berjuang keras di garis depan setiap hari untuk membantu kita mengatasi pandemi COVID-19. 

"Pekerjaan yang dilakukan di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet untuk COVID-19 sangat penting, dan kami senang bisa berperan dalam mendukung upaya itu. Dengan bekerja sama dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia untuk menyediakan layanan GrabWheels di rumah sakit darurat secara gratis, harapan kami adalah bahwa kami dapat membantu membantu mobilitas mereka saat mereka menjalankan tugasnya," tuturnya.

Sejak pengumuman resmi pada bulan Maret, Wisma Atlet Kemayoran telah dialihfungsikan menjadi Rumah Sakit Darurat untuk mengobati pasien covid-19. Ada 4 dari 10 menara apartemen yang dikonversi untuk menjadi tempat perawatan rumah sakit, ruang gawat darurat, unit perawatan intensif, ruang pemulihan, dan menjadi rumah sementara bagi para pekerja medis yang bertugas dan Satgas covid-19.

Apoteker Penanggung Jawab Apotek di RS Darurat Wisma Atlet, Mayor Laut Dandung Ruskar, S.Farm., Apt, yang merupakan salah satu pengguna GrabWheels di Wisma Atlet menyampaikan bahwa GrabWheels membantunya untuk mengambil donasi di pos 1 dan pos 2 yang lokasi tidak dekat dari tower tempat saya bekerja. 

"Selain itu, saya juga dapat mengambil dengan cepat obat-obat cito yang sifatnya harus ada saat stok di Wisma Atlet sedang kosong di RS Mitra Keluarga. Saya merasa terbantu dengan adanya GrabWheels untuk memperpendek waktu dan saya dapat menjalankan tugas saya dengan lebih cepat,” ulasnya.

Baca juga: Lagi, OVO, Tokopedia, Grab Luncurkan ‘Patungan Untuk Berbagi THR'

GrabWheels akan ditempatkan di 4 menara di kawasan Rumah Sakit Darurat covid-19. Setiap titik akan dikelola oleh station manager yang akan bertanggung jawab selama 24/7 untuk memberikan informasi dan juga pemeliharaan penggunaan skuter listrik ini. GrabWheels hadir sebagai solusi mobilitas ramah lingkungan dan tidak bersuara keras saat digunakan sehingga cocok untuk dioperasikan di area rumah sakit yang membutuhkan ketenangan.

Untuk terus menjaga sanitasi penggunaan GrabWheels, semua skuter akan dibersihkan oleh desinfektan setiap 2 jam dan akan disediakan hand sanitizer di setiap titiknya. Petugas medis yang bertugas dan Satgas COVID-19 akan dapat menggunakan skuter GrabWheels secara gratis sebagai solusi mobilitas di area Rumah Sakit Darurat dengan memilih eScooter di aplikasi Grab mereka.

“Grab akan terus berupaya memberikan solusi  dan layanan terbaik untuk bisa membantu garda terdepan untuk melawan virus COVID-19. Kami ingin turut berkontribusi untuk memberikan kemudahan bagi mereka yang terus melayani masyarakat Indonesia di masa pandemi ini,” tutup Ridzki. (Tup)

 

Baca Juga

Dok BNI

Ini Strategi BNI Hadapi New Normal

👤Despian Nurhidayat 🕔Selasa 26 Mei 2020, 21:35 WIB
Covid-19 memang telah menjadi sebuah peluang dan tantangan baru. Keberadaannya mempercepat era Revolusi Industri...
DOK KEMENTAN

Petani Bandung Dilatih Kembangkan Pangan Lokal dari Daun Singkong

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 26 Mei 2020, 19:41 WIB
P4S Sawargi, Kabupaten Bandung, tengah membina petani masyarakat dan ibu-ibu Kelompok Wanita Tani (KWT) mengembangkan pangan lokal dari...
Antara/Raisan Al Farisi

Industri Makanan Rajai Sektor Manufaktur

👤Despian Nurhidayat 🕔Selasa 26 Mei 2020, 19:32 WIB
Data BKPM menunjukkan nilai investasi industri makanan dalam lima tahun terakhir mencapai Rp 293,2 triliun, atau dengan persentase...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya