Selasa 28 April 2020, 08:04 WIB

Tahu Kondisi Kim Jong Un, Trump: Saya Harap Dia Baik-baik Saja

Nur Aivanni | Internasional
Tahu Kondisi Kim Jong Un, Trump: Saya Harap Dia Baik-baik Saja

AFP/Brendan Smialowski
Presiden Amerika Serikat Donald Trump (kiri) dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, 30 Juni 2019 lalu.

 

PRESIDEN Amerika Serikat (AS) Donald Trump, Senin (27/4), mengonfirmasi pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un masih hidup. Ia pun berharap Kim dalam kondisi baik-baik saja setelah berkembangnya spekulasi berhari-hari tentang keberadaannya.

Saat ditanya apakah dia memiliki informasi baru tentang kesehatan Kim, Trump berkata, "Ya, saya punya informasi yang sangat bagus, tetapi saya tidak bisa membicarakannya sekarang. Saya hanya berharap dia baik-baik saja."

"Saya harap dia baik-baik saja," lanjut Trump saat berbicara pada konferensi pers Gedung Putih, Senin (27/4). "Saya tahu bagaimana keadaannya."

Baca juga: Seoul Sebut Kim Jong-un masih Sehat

Trump mengatakan media mungkin akan mendengar mengenai Kim tidak lama lagi.

Dugaan mengenai kondisi dan keberadaan Kim telah berkembang sejak pemimpin Korut itu tidak muncul dalam perayaan ulang tahun kakeknya Kim Il Sung, pendiri Korut, 15 April lalu. Hari tersebut merupakan hari terpenting dalam kalender politik di Korut.

Kim belum muncul di hadapan publik sejak memimpin rapat politburo Partai Pekerja pada 11 April dan hari berikutnya media pemerintah melaporkan dia memeriksa jet tempur di unit pertahanan udara.

Di tengah-tengah laporan media bahwa Kim sakit dan spekulasi bahwa dia bahkan mungkin telah meninggal, seorang penasihat keamanan untuk Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in, Minggu (26/4), mengatakan Kim sebenarnya "masih hidup dan sehat". (France24/OL-1)

Baca Juga

AFP/Christopher Black

WHO Bentuk Yayasan untuk Tingkatkan Pendanaan Anti-Covid-19

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Kamis 28 Mei 2020, 08:18 WIB
Upaya ini untuk membantu meringankan kekurangan uang tunai potensial saat memimpin perjuangan global melawan pandemi virus korona baru...
AFP/Karen Ducey

Kematian akibat Covid-19 di AS Lampaui Angka 100.000 Jiwa

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Kamis 28 Mei 2020, 07:57 WIB
Universitas Johns Hopkins mencatat angka kematian di AS yang dikonfirmasi tepat sebelum pukul 22.00 waktu setempat adalah 100.047 jiwa,...
AFP

Pasar Malam di Jepang di Era Normal Baru

👤MI 🕔Kamis 28 Mei 2020, 02:10 WIB
KETIKA pasar malam di Jepang perlahanlahan dibuka kembali, sekelompok operator taman bermain telah merilis pedoman...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya