Selasa 28 April 2020, 07:10 WIB

PPDB Daring Disiapkan

LILIEK DARMAWAN lilik | Humaniora
   PPDB Daring Disiapkan

ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah
PPDB SECARA ONLINE: Sejumlah siswa melakukan pendaftaran Sekolah Menengah Pertama (SMP) secara daring (online) di SMPN 1 Slawi, Tegal

 

MEMASUKI tahun ajaran baru pada Juni mendatang, sebagian besar sekolah saat ini tengah bersiap menggelar penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2020. Namun, karena situasi yang berbeda dari PPDB tahun sebelumnya, akibat pandemi covid-19, pihak sekolah juga menyesuaikan prosesnya di antaranya menggunakan mekanisme daring.

"Kondisi pandemi covid-19 mengharuskan kami dalam menyiapkan PPDB secara daring sehingga pendaftaran tidak ke sekolah. Untuk PPDB SMP di Banyumas akan dilaksanakan pada Juni mendatang," ujar Kepala Subbidang Perencanaan Dinas Pendidikan Banyumas Sutomo, kemarin. Dia menjelaskan tidak ada pendaftaran yang langsung ke sekolah. Jadi, nantinya pendaftaran dapat dilaksanakan dari rumah masin gmasing.

Untuk itu, pihak sekolah juga tidak memfasilitasi peserta didik dan orangtua yang datang ke sekolah. Seluruh data dikirim melalui internet. Dijelaskan pula bahwa skema PPDB masih seperti tahun sebelumnya, yakni zonasi atau siswa yang dekat sekolah diterima minimal 50%, kemudian afirmasi 15% dan perpindahan tugas orangtua 5%, serta sisanya melalui jalur prestasi.

Perencanaan PPDB melalui jalur daring juga dilakukan Dinas Pendidikan Kota Cirebon. "Namun, kalau pada Juni hingga Juli situasi sudah membaik, mungkin pelaksanaan PPDB normal seperti biasa," ungkap Kepala Disdik Kota Cirebon, Irawan.

Pada pendaftaran daring nantinya semua dokumen yang dibutuhkan untuk pendaftaran siswa baru bisa dikirim melalui jaringan internet atau Whatsapp. Hal yang sama dikemukakan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bangka Belitung Muhammad Soleh, kemarin, jika pandemi covid-19 belum berakhir, PPDB pada akhir Juni nanti akan dilakukan secara daring.

"Saat ini kami sedang menyiapkan berbagai hal terutama terkait dengan petunjuk teknis PPDB melalui daring," ujarnya. Sementara itu, Humas Disdik DKI Jakarta, Sony Juhersoni, mengatakan PPDB tahun ini masih berpegang pada imbauan Mendikbud, Nadiem Makarim, beberapa waktu lalu. Sebelumnya, Nadiem mengimbau PPDB tahun ini tidak ada perubahan dan akan dilaksanakan sama dengan tahun sebelumnya.

Minim interaksi

Akibat pandemi covid-19, dunia pendidikan juga sangat merasakan dampaknya terutama pada suasana belajarmengajar. Menurut Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), interaksi siswa dan guru dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama masa belajar di rumah akibat pandemi ini sangat minim. Dalam survei yang mereka lakukan terhadap 1.700 siswa ditemukan tingkat interaksi hanya 20%. "Selama PJJ berlangsung, terjadi interaksi antara siswa dan guru hanya 20,1%," jelas Komisioner KPAI Bidang Pendidikan Retno Listyarti, kemarin. Retno menyampaikan, kalaupun ada interaksi, hal itu tak lebih dari pemberian tugas. Sebanyak 79,9% responden menyatakan interaksi belajarmengajar seperti pada ruang kelas sudah hilang. (UL/RF/PO/BY/H-1)

Baca Juga

MI/Ramdani

Kemenkes Ingatkan Tata Cara Kerja saat Kenormalan Baru

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 09:15 WIB
Selama massa kenormalan baru, masyarakat tetap harus memastikan untuk tidak berkerumun dan menjaga jarak saat...
ANTARA/Irwansyah Putra

Sistem Kerja dengan Kondisi Normal Baru bagi ASN Diterapkan 5 Jun

👤 Indriyani Astuti 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 07:44 WIB
"Tugas dan fungsi ASN dalam tatanan normal baru dilakukan dengan tetap memprioritaskan aspek kesehatan dan keselamatan dengan...
covid19.go.id/Riset MI-NRC

Pola Hidup Baru Turunkan Penularan Covid-19

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 05:47 WIB
Data terbaru pasien sembuh dari covid- 19 bertambah lagi 252 orang sehingga total pasien sembuh menjadi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya