Selasa 28 April 2020, 06:24 WIB

BKSDA Sultra Bantu Warga Sekitar Hutan yang Terdampak Covid-19

Ferdian Ananda Majni | Nusantara
BKSDA Sultra Bantu Warga Sekitar Hutan yang Terdampak Covid-19

MI/Rudi Kurniawansyah
Ilustrasi--penyemprotan disinfektan

 

BALAI Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Tenggara (Sultra) mengambil peran dalam upaya memutus penularan wabah covid-19.

Melalui dana hasil sumbangan sukarela para pagawainya, mereka memberikan bantuan kepada masyarakat sekitar kawasan hutan konservasi di wilayah Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, yang terdampak wabah covid-19.

Kepala BKSDA Sultra Sakrianto Djawie mengatakan salah satu wujud bantuan itu adalah dengan melakukan penyemprotan disinfektan pada fasilitas-fasilitas umum di beberapa desa di sekitar kawasan hutan konservasi, sekaligus pemberian alat semprot disinfektan ke pemerintah desa.

Baca juga: Desa pun Menutup Pintu bagi Pemudik

"Ini salah satu bentuk upaya dan peran BKSDA Sultra dalam memutus penularan wabah dengan memprioritaskan desa-desa yang berada di sekitaran kawasan hutan konservasi," kata Sakrianto dalam keterangan tertulis, Selasa (28/4)

Di samping menyerahkan alat semprot ke pemerintah desa, pihak BKSDA juga menyalurkan bantuan berupa sembako.

Sembako gratis disalurkan Tim BKSDA Sultra kepada masyarakat di sekitar Suaka Margasatwa (SM) Tanjung Batikolo, yaitu di Desa Kalo Kalo dan Desa Bangun Jaya, Kecamatan Lainea.

BKSDA Sultra juga telah menyalurkan bantuan sembako kepada masyarakat sekitar SM Tanjung Peropa dan SM Tanjung Amolengo, yaitu di Desa Ampera, Desa Amolengo, Desa Ulunese, Kecamatan Kolono Timur.

“Kita berharap ini bermanfaat dan berguna khususnya untuk masyarakat sekitar hutan,” ujarnya.

Selain itu, BKSDA Sultra juga membagikan masker sekaligus mengedukasi penggunaan masker kepada masyarakat, termasuk membagikan masker dan hand sanitizer ke puskesmas di sekitar kawasan hutan konservasi.

Lebih jauh, untuk memberdayakan dan membantu ekonomi lokal masyarakat sekitar kawasan hutan saat pandemi covid-19, BKSDA Sultra juga membeli madu hutan dan jahe kerupuk buatan kelompok masyarakat desa binaannya.

Sakrianto berujar, madu dan kerupuk jahe tersebut dibagikan ke karyawan dan karyawati BKSDA Sultra, termasuk juga tenaga medis di rumah sakit dan puskesmas untuk menambah stamina dan daya tahan tubuh.

Sementara itu, Kepala Desa Kalo Kalo Ramli Kadir mengucapkan terima kasih kepada BKSDA Sultra atas bantuan sembako dan alat semprot juga obat-obatan yang telah disalurkan guna penanganan dan pencegahan Covid-19 di daerah tersebut.

Ia berharap bantuan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk membantu memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar kawasan hutan konservasi, sehingga mereka bisa tetap tinggal di rumah untuk mencegah penularan dan penyebaran Covid-19. (OL-1)

Baca Juga

MI/Gabriel Langga

Para Sopir Pengantar Ikan di Sikka Ancam Sandera Mobil BBM

👤Gabriel Langga 🕔Senin 01 Juni 2020, 08:49 WIB
Kecewa dan diperlakukan tidak manusiawi oleh aparat, para sopir pengantar ikan mengancam akan menyandera mobil BBM dari Sikka ke...
MI/Supardji Rasban

Grup WA Brebes Bagi Masker Setelah Ditemukan Banyak Warga Abai

👤Supardji Rasban 🕔Senin 01 Juni 2020, 08:43 WIB
Pembagian masker sekaligus penyemprotan cairan disinfektan dilakukan di persimpangan jalan utama kota Kecamatan Ketanggungan, arah menuju...
dok polda jatim

Kampung Tangguh Semeru Tulungagung Dilengkapi Pospol Digital

👤RO/Micom 🕔Senin 01 Juni 2020, 08:34 WIB
Kampung Tangguh Semeru merupakan program yang dicanangkan Kapolda Jatim guna memutus mata rantai penyebarang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya