Selasa 28 April 2020, 05:58 WIB

PM Inggris Tolak Terburu-Buru Longgarkan Lockdown

Basuki Eka Purnama | Internasional
PM Inggris Tolak Terburu-Buru Longgarkan Lockdown

AFP/Andrew PARSONS / 10 Downing Street
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson

 

PERDANA Menteri Inggris Boris Johnson, Senin (27/4), tampil di muka publik untuk pertama kali sejak dirawat di rumah sakit karena covid-19, tiga pekan lalu.

Dalam pernyataannya dari Downing Street di hari pertamanya kembali bekerja, Johnson yang terlihat lebih kurus meminta maaf karena absen lebih lama dari perkiraannya.

Dia kemudian berterima kasih kepada warga Inggris yang menuruti aturan tinggal di rumah selama lebih dari 1 bulan dan mengatakan hal itu memastikan para pekerja kesehatan tidak kewalahan.

Baca juga: Negara-Negara di Dunia Dituding Abaikan Peringatan WHO

"Itulah mengapa, saat ini, kita berhasil membalikkan keadaan," ujar Johnson sembari mengulangi janjinya pada 19 Maret bahwa Inggris berpeluang mengalahkan pandemi covid-10 dalam tempo 3 bulan jika semua orang menjalankan aturan menjaga jarak sosial.

Namun, lebih dari 20 ribu orang telah meninggal dunia di Inggris akibat covid-19, belum termasuk mereka yang berada di panti jompo. Hal itu menjadikan Inggris sebagai salah satu negara yang paling parah terhantam wabah virus korona.

Inggris mencatatkan 360 kematian pada Senin (27/4), terendah sejak bulan lalu. Johnson mengakui hal itu meningkatkan tekanan untuk segera melonggarkan lockdown. Namun, dia bersikeras hal itu belum bisa dilakukan.

"Saya menolak membuang semua upaya dan pengorbanan warga Inggris untuk kemungkinan gelombang kedua pandemi. Itu akan menyebabkan semakin banyak orang meninggal dunia dan NHS kewalahan," tegas Johnson. (AFP/OL-1)

Baca Juga

AFP

Korban Tewas Akibat Covid-19 Iran Sudah Lebih dari 8.000 Lho...

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Rabu 03 Juni 2020, 19:53 WIB
Jahanpour mengatakan 125.206 pasien telah pulih dan telah dikeluarkan dari rumah sakit sejauh ini, sementara 2.585 pasien masih dalam...
AFP/WILLIAM WEST

Hamilton Kembali Bersuara Terkait Kasus Rasial George Floyd

👤Deden Muhamad Rojani 🕔Rabu 03 Juni 2020, 18:45 WIB
Sikap pemerintah dan penegak hukum di Amerika Serikat benar-benar membikin juara Formula Satu Lewis Hamilton...
Andrew Caballero-Reynolds/AFP

Demonstran di AS Langgar Aturan Jam Malam

👤Nur Aivanni 🕔Rabu 03 Juni 2020, 18:25 WIB
Pada hari kedelapan berlangsungnya aksi demonstrasi, kampung halaman Floyd di Houston mengadakan pawai peringatan yang menarik puluhan ribu...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya