Selasa 28 April 2020, 05:43 WIB

900 Perusahaan Masih Diizinkan Beroperasi, PSBB tidak Efektif

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
900 Perusahaan Masih Diizinkan Beroperasi, PSBB tidak Efektif

MI/RAMDANI
Pekerja melewati trotoar selepas jam kantor di kawasan Sudirman, Jakarta, saat PSBB telah diberlakukan.

 

SEBANYAK 900 perusahaan diizinkan beroperasi oleh Kementrian Perindustrian. Pengamat transportasi Djoko Setijowarno menilai hal tersebut membuat pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tidak efektif.

"Sebelumnya kan ada 200 perusahaan (diizinkan) sekarang jadi 900 perusahaan. Itu membuat mobilitas semakin tinggi," ungkap Djoko kepada Media Indonesia, Selasa (28/4).

Djoko juga menyebut seharusnya ada andil dari Kemenperin dalam mengawasi ketat ratusan perusahaan yang mendapatkan izin operasional dan mobilitas kegiatan industri (IOMKI) selama PSBB.

Baca juga: 89 Perusahaan di Jakarta Ditutup karena Langgar PSBB

Ia juga mengusulkan agar 900 perusahaan itu menyediakan angkutan antarjemput untuk pegawai mereka. Hal itu untuk mencegah penumpukan penumpang di halte TransJakarta atau stasiun kereta api.

"Atau bisa saja pegawainya diinapkan di sejumlah kamar hotel di Jakarta yang banyak kosong sekarang dengan tarif kost," ujar Djoko.

Pemerintah, sebutnya, juga bisa menutup Jalan-jalan di pusat kota pada jam tertentu. Pembatasan yang ketat tersebut bertujuan mencegah penyebaran virus korona agar tidak meluas.

"Jalanan dapat ditutup, terutama di pusat kota untuk mencegah mobilitas yang tinggi dari Bodetabek," tukas Djoko.

Sebelumnya, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi DKI Jakarta Andri Yansyah meminta Kementrian Perindustrian (Kemenperin) berani memberikan sanksi bagi perusahaan yang melanggar aturan protokol kesehatan pencegahan covid-19.

"Kan dia (Kemenperin) yang memberikan izin, dia juga harus punya tanggung jawab mengawasi dan memberikan sanksi gitu. Nah, pengawasannya harus bareng-bareng, kita diikutsertakan juga atau jangan dia doang," kata Andri saat dihubungi, Senin (27/4). (OL-1)

Baca Juga

Antara

Dua Hari Lebaran Nihil Kasus Baru Korona di Kabupaten Bogor

👤Ant 🕔Selasa 26 Mei 2020, 00:04 WIB
Hingga Senin (25/5) malam, ada sebanyak 180 pasien Covid-19 di Kabupaten Bogor, sebanyak 40 orang di antaranya sudah dinyatakan sembuh dan...
Antara

Pemkot Bogor Ikuti Masa PSBB Jabar Hingga 29 Mei

👤Ant 🕔Selasa 26 Mei 2020, 00:00 WIB
"Untuk sementara, bila ada kekosongan akan diisi penerapan PSBB tingkat provinsi, sesuai dengan Peraturan Gubernur Jawa Barat, yakni...
MI/Franmsisco Carolio Hutama gani

Ribuan Kendaraan Tinggalkan Jakarta, PKS : Kebijakan tak Sinkron

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 25 Mei 2020, 21:21 WIB
PT Jasa Marga sendiri mencatat total 37.878 kendaraan meninggalkan Jakarta melalui arah Timur, arah Barat dan arah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya