Selasa 28 April 2020, 05:11 WIB

Bocah Tujuh Tahun di Jambi Tertular Covid-19 dari Klaster Gowa

Antara | Nusantara
Bocah Tujuh Tahun di Jambi Tertular Covid-19 dari Klaster Gowa

Medcom
Ilustrasi--covid-19

 

SEORANG anak perempuan berusia tujuh tahun asal Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi terkonfirmasi positif covid-19. Dia diduga terpapar penyebaran lokal dari anggota keluarganya yang juga positif dan memiliki riwayat perjalanan ke Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan.

Juru Bicara Rim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi Johansyah di Jambi, Senin (27/4), mengatakan anak perempuan itu memiliki kontak erat dengan anggota keluarganya yang positif virus korona.

Menurut Johansyah, saat ini, pasien itu menjalani perawatan dan isolasi di RSUD Kolonel Abun Jani di Bangko, Kabupaten Merangin.

Johansyah menyebutkan, dari 32 orang pasien terkonfirmasi positif covid-19 di Provinsi Jambi, sebanyak 23 di antaranya terkait dengan pasien klaster Gowa atau yang memiliki riwayat perjalanan ke Gowa, Sulawesi Selatan.

Baca juga: Desa pun Menutup Pintu bagi Pemudik

Ia membenarkan dari klaster itu terjadi paparan lokal di anggota keluarga terdekat, sehingga upaya tracking dilakukan secara intensif terhadap orang-orang yang memiliki perjalanan ke Ijtima Ulama di Gowa tersebut di Provinsi Jambi yang jumlahnya ratusan orang.

"Jadi, kepada masyarakat yang mempunyai riwayat perjalanan ke Gowa atau orang yang pernah berinteraksi dekat untuk jujur atas kondisi kesehatan mereka dan terus memeriksakan diri di pusat layanan kesehatan di wilayah masing-masing," kata Johansyah.

Hal itu, menurut dia, dimaksudkan untuk kebaikan bersama dalam upaya memutus mata rantai penularan covid-19.

Tim Gugus Tugas akan kembali menelusuri atau melakukan kontak tracking terhadap pasien positif covid-19 dari klaster Gowa.

"Tim Gugus Tugas akan kembali melakukan kontak tracking terhadap pasien dari klaster Gowa di seluruh kabupaten/kota dan masyarakat juga diminta jujur atas kondisi kesehatan mereka," kata Johansyah. (OL-1)

Baca Juga

ANTARA/Gusti Tanati

Disemprot Water Canon, Satu Warga Jayapura Tewas

👤Marcel Kelen 🕔Selasa 26 Mei 2020, 11:38 WIB
Kepala Bidang Humas Polda Papua, Kombes AM Kamal mengklarifikasi bahwa korban dan rekannya disemprot water canon karena masih beraktivitas...
MI/Arnolduis Dhae

Bali dan Banyuwangi Sepakat Perketat Keluar Masuk Warga

👤Arnoldus Dhae 🕔Selasa 26 Mei 2020, 10:58 WIB
Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bali Dewa Made Indra memastikan penduduk pendatang yang berpotensi masuk ke Bali di masa-masa arus balik...
MI/Rendy Ferdiansyah

28 Pasien Covid-19 di Babel Dinyatakan Sembuh

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Selasa 26 Mei 2020, 10:34 WIB
Hingga H+3 hari raya Idul Fitri atau Selasa (26/5), jumlah pasien terkonfirmasi positif covid-19 di Babel sebanyak 39 orang tersebar di 5...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya