Selasa 28 April 2020, 03:20 WIB

Disdik Banyumas Siapkan Mekanisme PPDB Daring

Liliek Dharmawan | Nusantara
Disdik Banyumas Siapkan Mekanisme PPDB Daring

Antara
Ilustrasi

 

KONDISI pandemi Covid-19 membuat Dinas Pendidikan (Disdik) Banyumas, Jawa Tengah (Jateng) mempersiapkan penerimaan peserta didik baru (PPDB) secara daring. Hal itu akan dilaksanakan apabila kondisi pandemi Covid-19 belum mereda. Untuk PPDB SMP di Banyumas akan dilaksanakan Juni mendatang.

Kepala Subbidang Perencanaan Disdik Banyumas Sutomo mengatakan pihaknya masih mencermati kondisi saat sekarang. "Tetapi, apabila kondisi Covid-19 belum reda, maka PPSB dilaksanakan secara daring total. Artinya tidak ada pendaftaran yang langsung ke sekolah. Jadi nantinya, pendaftaran dapat dilaksanakan dari rumah masing-masing," jelas Sutomo, Senin (27/4).

Menurutnya, sekolah tidak akan memfasilitasi peserta didik dan orang tua yang datang ke sekolah, karena semuanya dilaksanakan secara daring. "Karena online, maka sekolah tidak memfasilitasi pendaftaran secara offline. Seluruh data dikirimkan melalui internet," katanya.

Dijelaskannya, untuk skema PPDB masih seperti tahun sebelumnya yakni zonasi atau siswa yang dekat sekolah diterima minimal 50%, kemudian afirmasi 15%, dan perpindahan tugas orang tua 5% serta sisanya melalui jalur prestasi.

"Disdik sudah memetakan sekolah-sekolah, misalnya SMP yang potensi siswa di sekitarnya lebih banyak dibandingkan dengan kapasitas sekolah. Untuk penerimaan direncanakan pada awal Juni atau paling lambat awal Juli," katanya. (R-1)

Baca Juga

MI/Gabriel Langga

Cak Imin Salurkan Sembako Untuk Warga Kurang Mampu di Sikka

👤Gabriel Langga 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 11:46 WIB
Bantuan dari Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar langsung diperuntukan bagi warga kurang mampu yang ada di wilayah Kelurahan Wairotang,...
DOK Pemprov Kalimantan Tengah

Kalteng Siap Gelar Pilkada Serentak dan Ikuti Protokol Kesehatan

👤Surya Sriyanti 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 11:36 WIB
Pilkada serentak di Kalimantan Tengah akan mengikuti protokol kesehatab dengan disiapkan tempat cuci tangan untuk peserta pemilih dan...
MI/Martinus Solo

Covid, Festival Budaya Internasional di Tambrauw Digeser ke 2021

👤Martinus Solo 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 11:30 WIB
Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Tambrauw Abraham Mayor menambahkan, penundaan ini dirasa sangat berat karena sudah dipersiapkan sejauh...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya