Selasa 28 April 2020, 04:40 WIB

Petugas Tindak Tegas Warga yang Cuek

YH/FL/HS/SS/N-3 | Nusantara
Petugas Tindak Tegas Warga yang Cuek

ANTARA FOTO/Bayu Pratama S
Polisi melakukan patroli penegakan aturan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di kawasan Pasar Baru Banjarmasin, Kalsel, kemarin.

 

AGAR aturan dalam pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dipatuhi warga, terkadang aparat harus bersikap tegas. Hal itu karena masih ada kelompok yang cuek terhadap pemberlakuan PSBB.

Seperti di Kota Padang, Sumatra Barat, petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) terpaksa melakukan tindakan tegas terhadap sebuah warung internet (warnet) di Jalan S Parman No 97, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang. Peralatan dan komputer di warnet tersebut disita.

Tindakan tegas itu dilakukan lantaran pemilik warnet tidak mematuhi aturan PSBB. Kemarin, saat mengetahui petugas Satpol PP datang, para remaja yang sedang berada di warnet tersebut kocar-kacir berhamburan keluar.

Menurut Kepala Satpol PP Kota Padang Alfiadi, karena tidak mematuhi PSBB, pengelola warnet juga akan diproses lebih lanjut sesuai peraturan daerah (perda) dan peraturan wali kota (perwako).

Terpisah, di Semarang, Jawa Tengah, warga justru memperlihatkan sikap sebaliknya. Di hari pertama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PKM) untuk mencegah penyebaran virus korona (covid-19), warga terlihat mematuhi aturan tersebut.

Di sisi lain, pemeriksaan di belas­an check point (pos pantau), baik di dalam Kota Semarang maupun di perbatasan, berjalan lancar. Secara rapi, kendaraan bernomor polisi luar daerah dihentikan untuk diperiksa.

Sementara itu, tiga daerah di Ja­­wa Timur (Jatim), yaitu Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo, mulai menerapkan PSBB hari ini. Sebelumnya, telah dilakukan persiapan secara matang, termasuk mengadakan dapur umum untuk warga di tiga daerah tersebut.

“Hari ini (kemarin) merupakan hari ketiga sosialisasi PSBB Surabaya Raya. Hasil koordinasi dengan seluruh Forkopimda, disepakati mulai nanti malam akan disiapkan dapur umum untuk menyediakan makan sahur dan buka puasa,” kata Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Surabaya, kemarin.

Dia menjelaskan tiap-tiap pemerintah kabupaten/kota madya yang memberlakukan PSBB telah menyiapkan tempat untuk dapur umum. (YH/FL/HS/SS/N-3)

Baca Juga

MI/Yohanes Manase

Konsistensi Seorang Ibu di NTT, Tolak Lahan untuk Pabrik Semen

👤Yohanes Manase 🕔Jumat 05 Juni 2020, 21:34 WIB
Rombongan DPRD Manggarai Timur yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Bernadus Nue mendatangi Luwuk untuk berdialog terkait pro-kontra pembangunan...
MI/Widjajadi

Bersepeda Massal di Solo Selama Wabah Covid Dilarang

👤Widjajadi 🕔Jumat 05 Juni 2020, 21:05 WIB
SATUAN Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Solo melarang warga bersepeda massal di tengah pandemi...
Antara

BNPB Siapkan 10 ribu Swab Test PCR untuk Jawa Barat

👤Depi Gunawan 🕔Jumat 05 Juni 2020, 20:55 WIB
BADAN Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) selaku pelaksana tugas percepatan penanganan Covid-19 mengalokasikan 10 ribu alat pengetesan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya