Selasa 28 April 2020, 02:15 WIB

Jadwal Kompetisi masih belum Pasti

Rahmatul Fajri | Sepak Bola
Jadwal Kompetisi masih belum Pasti

AFP

 

LIGA-LIGA di Eropa belum juga memiliki kepastian kapan akan kembali dimulai sejak dihentikan sementara akibat adanya wabah virus korona (covid-19).

Pemerintah Spanyol melalui Kementerian Kesehatan, misalnya, mengatakan tidak bisa mengeluarkan jaminan La Liga bisa dimulai sebelum musim panas. Menteri Kesehatan Spanyol Salvadir Illa mengaku selama masih ada korona, menjanjikan kapan kompetisi akan kembali bergulir bukanlah keputusan yang tepat. “Saya tidak bisa memberi tahu sekarang kapan sepak bola profesional dapat memulai kembali aktivitas sebelum musim panas. Itu akan tidak bijaksana bagi saya,” kata Illa, seperti dilansir dari AFP, kemarin.

Di Jerman, ketakutan untuk memulai kompetisi muncul meski ada keputusan Bundesliga bisa kembali dimulai tanpa kehadiran para penggemar. Di sisi lain, situasi menjadi dilema karena menurut CEO Borussia Dortmund Hans-Joachim Watzke, Bundesliga akan kolaps bila tidak dilanjutkan.

“Bila kami tidak bermain dalam beberapa bulan ke depan, Bundesliga akan kolaps dan tidak akan ada liga seperti yang kita kenal,” kata Watzke.

Pandemi korona memaksa Bundesliga ditangguhkan sejak bulan lalu, tetapi masih ada harapan kompetisi dilanjutkan tanpa suporter mulai 9 Mei.

Dari Liga Primer Inggris, klub-klub disebutkan bakal kembali mengikuti pertemuan virtual pada Jumat (1/5) untuk membahas sisa jadwal kompetisi.

Status lockdown di Inggris akan berakhir pada 7 Mei. Itu membuat Liga Primer memiliki peluang melanjutkan kompetisi pada Juni. Meski belum ada keputusan resmi, mayoritas klub disebutkan setuju melanjutkan liga tanpa penonton. Akan tetapi, keinginan tersebut harus mendapat persetujuan dari pemerintah.

Jika didapat kata sepakat, itu juga belum cukup karena masih banyak prosedur yang harus dipenuhi kala memulai lagi liga yang dihentikan sejak Maret itu. Direncanakan, akan ada pengujian untuk pemain dan atlet yang ditanggung otoritas olahraga atau klub. Lalu, mereka akan memastikan langkah-langkah yang dilakukan untuk menghindari penggemar berkumpul di luar stadion. 

Kembali berlatih

Pemerintah Italia mengizinkan para pemain Seri A untuk kembali berlatih secara individual pada 4 Mei. Tak hanya pemain Seri A, olahraga individual seperti berenang dan tenis juga diizinkan, tetapi dengan catatan mengutamakan social distancing. 

Izin latihan dikeluarkan seiring dengan menurunnya jumlah orang-orang yang terinfeksi korona di Italia. Pemerintah Italia pun akan sedikit melonggarkan pembatasan sosial.

Dua pekan setelahnya, 18 Mei, direncanakan latihan bisa dilangsungkan secara berkelompok. Namun, Menteri Olahraga Italia Vincenzo Spadafora mengatakan hal itu bisa dilakukan ketika ada jaminanan keselamatan dan kesehatan.

Dengan dimulainya latihan, kompetisi musim ini diharapkan bisa rampung paling lambat 2 Agustus. (Skysports/Ant/Goal/R-3)

Baca Juga

MI/Pius Erlangga

PSSI Sebut Klub Setuju Lanjutkan Kompetisi

👤Rahmatul Fajri 🕔Rabu 03 Juni 2020, 19:41 WIB
Seluruh klub sepakbola liga 1 dan 2 sepakat untuk melanjutkan kompetisi yang sebelumnya ditunda sejak Maret karena pandemi...
Ilustrasi

PSSI Siapkan Protokol Medis untuk Lanjutkan Kompetisi

👤Rahmatul Fajri 🕔Rabu 03 Juni 2020, 19:21 WIB
PSSI telah menyusun protokol medis yang akan diterapkan saat kompetisi Liga 1 dan 2 kembali bergulir. Sebelumnya, klub dan PSSI telah...
Medcom.id

Borneo FC Dukung Opsi Lanjutkan Liga 1 pada September

👤Rahmatul Fajri 🕔Rabu 03 Juni 2020, 16:49 WIB
PSSI telah mengajukan opsi, yakni kompetisi dilanjutkan kembali mulai September atau Oktober 2020 dengan protokol kesehatan yang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya