Senin 27 April 2020, 19:25 WIB

Kriminalitas Meningkat, Polda Metro Bentuk Tim Khusus

Tri Subarkah | Megapolitan
Kriminalitas Meningkat, Polda Metro Bentuk Tim Khusus

MI
Ilustrasi

 

Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sujana mengatakan pihaknya sudah mengantisipasi maraknya kriminalitas jelang bulan Ramadan. Menurutnya, trend tersebut memang terjadi setiap tahunnya. Oleh sebab itu, pihaknya membentuk tim khusus yang menangani begal dan antipreman.

"Kami sudah menyiagakan seluruh anggota dan kami sudah membentuk tim dari Polda dan Polres untuk membentuk Tim Begal dan Tim Antipreman," kata Nana di Mapolda Metro Jaya, Senin (27/4).

Melalui tim tersebut, pihak kepolisian melakukan pemetaan terhadap locus, tempus, termasuk modus kejahatan yang kerap terjadi.

Selain itu, sebagai langkah preventif, Nana juga mengimbau agar masyarakat menjadi polisi bagi dirinya sendiri. Caranya dengan meningkatkan sistem keamanan lingkungan.

Baca juga: DPR Dorong Riset Rempah Untuk Pengobatan Covid-19

Dari hasil analisis Polda Metro Jaya, diketahui terjadi peningkatan kriminalitas sebanyak 10%. Kenaikan tersebut terjadi dalam periode Maret-April. Tingkat kejahatan yang menjadi sorotan adalah pencurian dengan kekerasan maupun pencurian dengan pemberatan yang menyasar minimarket.

Secara terpisah, Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Timur AKBP Hery Purnomo mengatakan keberhasilan pihaknya menggagalkan pembobolan minimart di Duren Sawit tempo lalu juga karena adanya penyesuaian kegiatan patroli dengan pemetaan yang telah dilakukan sebelumnya.

"Misalnya Duren Sawit kemarin, terjadi bongkar Alfamart. Jam rawannya jam 1-4 pagi. Jam-jam segitu Indomart dan Alfamart dilakukan pemantauan, dipatroli sama anggota, dicek satu per satu," terang Hery.

Hery memaparkan beberapa lokasi yang rawan terjadi kriminalitas di wilayahnya, yakni Jalan Tipar, Jalan Raya Kayu Tinggi, Jalan DI Panjaitan, dan Banjir Kanal Timur.

Sementara untuk lokasi rawan tawuran berada di sekitar fly over Buaran, fly over Pondok Kopi, Jembatan Jatinegara, perbatasan antara Jatinegara dan Tebet Selatan, Ciracas, serta Plumpung. (OL-14)

Baca Juga

Antara/Indrianto Eko Suwarso

Pejalan Kaki dan Pesepeda Jadi Raja Jalanan Selama PSBB Transisi

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 05 Juni 2020, 23:30 WIB
Dalam pasal 21 ayat 1 berbunyi 'Selama masa transisi untuk semua ruas jalan diutamakan bagi pejalan kaki dan pengguna transportasi...
MI/Ramdani

Anies Resmi Teken Keputusan Tentang PSBB Transisi

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 05 Juni 2020, 22:42 WIB
Keputusan Gubernut No 563 tahun 2020 tentang Pemberlakuan, Tahapan, dan Pelaksanaan Kegiatan/Aktivitas PSBB Pada Masa Transisi Menuju...
MI/Ramdani

Tiga Bandar Ganja Dituntut Hukuman Mati

👤Tri Subarkah 🕔Jumat 05 Juni 2020, 21:43 WIB
Tiga terdakwa bandar ganja 219 kilogram (kg) dituntut jaksa penuntut umum dengan pidana mati, dalam persidangan di Pengadilan Negeri...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya