Senin 27 April 2020, 18:57 WIB

Tempatkan Tunawisma di GOR, Ini Alasan Pemprov DKI

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Tempatkan Tunawisma di GOR, Ini Alasan Pemprov DKI

ANTARA
Petugas medis memeriksa tuna wisma di GOR Tanah Abang, Jakarta, Minggu (26/4/2020)

 

PEMPROV DKI Jakarta mengelola 22 panti di seluruh Jakarta dan memiliki dua unit panti khusus bagi para tunawisma yakni di Panti Sosial Bina Insan Bangun Daya 1 Kedoya, Jakarta Barat dan Panti Sosial Bina Insan Bangun Daya 2 Cipayung, Jakarta Timur.

Setiap waktu jika Satpol PP maupun petugas Pelayanan, Pengawasan, dan Pengendalian Sosial (P3S) menjaring tunawisma baik pengamen, pengemis, atau gelandangan maka akan ditampung di dua panti tersebut sebelum mendapat pembinaan atau dipulangkan ke daerah asal.

Baca juga: Distribusi Bansos Warga DKI Tahap I Rampung 5 Mei 2020

Namun, untuk tahun ini Pemprov DKI Jakarta memilih gelanggang olah raga atau GOR untuk menampung warga tunawisma.  "Kasusnya sama seperti di Italia. Kami tidak mau warga binaan kami ada sekitar 700 orang itu kena karena ada carrier dari luar," kata Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat Ngapuli Parangin-angin saat dihubungi Media Indonesia, Senin (27/4).

Namun, ia memastikan GOR hanyalah tempat penampungan sementara sampai wabah Covid-19 mereda. Jika tunawisma tersebut memiliki saudara di Jakarta, maka ia diperkenankan untuk dijemput keluarga untuk pulang.

Jika nantinya tunawisma hendak dirujuk ke panti, maka harus dipastikan negatif virus korona dengan rapid test.

"Saya akan koordinasikan dengan Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat untuk bisa rapid test. Asal hasilnya negatif maka bisa dirujuk ke panti yang kami kelola," ungkapnya.

Sebelumnya, pada Jumat (23/4) sebanyak 55 orang tunawisma yang mengaku kehilangan pekerjaan karena wabah dijaring dan dibawa ke GOR Tanah Abang. Sebanyak 52 orang sudah dipulangkan. 

Sementara tiga orang masih ditampung di GOR karena berasal dari luar kota dan tidak memiliki sanak saudara di Jakarta. Kemudian pada Minggu (26/4) kembali terjaring sebanyak lima orang tunawisma sehingga total ada delapan orang tunawisma ditampung di GOR Tanah Abang. (OL-6)
 

VIDEO TERKAIT:

Baca Juga

MI/RAMDANI

Jumatan Perdana Tetap Jalankan Protokol Kesehatan

👤Dhk/Put/Uta/Tri/Alw/MetroTV/X-10 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 05:15 WIB
Jemaah salat Jumat menjalankan protokol kesehatan dengan mengenakan masker, mencuci tangan sebelum masuk masjid, dan menjaga jarak. Selain...
Antara/Indrianto Eko Suwarso

Pejalan Kaki dan Pesepeda Jadi Raja Jalanan Selama PSBB Transisi

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 05 Juni 2020, 23:30 WIB
Dalam pasal 21 ayat 1 berbunyi 'Selama masa transisi untuk semua ruas jalan diutamakan bagi pejalan kaki dan pengguna transportasi...
MI/Ramdani

Anies Resmi Teken Keputusan Tentang PSBB Transisi

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 05 Juni 2020, 22:42 WIB
Keputusan Gubernut No 563 tahun 2020 tentang Pemberlakuan, Tahapan, dan Pelaksanaan Kegiatan/Aktivitas PSBB Pada Masa Transisi Menuju...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya