Senin 27 April 2020, 17:17 WIB

Mahasiswa Malaysia Mulai Pulang Kampung

Antara | Internasional
Mahasiswa Malaysia Mulai Pulang Kampung

Antara
Aktivitas mahasiswa Malaysia.

 

SEBANYAK 1.128 mahasiswa Malaysia dari perguruan tinggi negeri dan swasta di negara itu mulai bergerak pulang ke kampung halaman mereka masing-masing mulai Senin (27/4).

"Menteri Pendidikan Tinggi, Dato’ Dr Noraini Ahmad telah menyampaikan dalam Musyawarah Khusus Menteri-Menteri Mengenai Pelaksanaan Perintah Kawalan Pergerakan (PKP) pagi tadi," ujar Menteri Pertahanan Malaysia Ismail Sabri Yakoob di Putrajaya, Senin (27/4).

Dia mengatakan sebanyak 863 mahasiswa akan diantar pulang dari zona tengah ke zona utara pada Senin malam dan 265 mahasiswa akan diantar pulang dari zona utara ke zona tengah pada Selasa (28/4).

"Proses pengantaran pulang akan melibatkan sembilan universitas yang terlibat dan 49 bus ke 17 destinasi. Bus-bus akan disanitasi tiga jam sebelum bertolak ke destinasi. Bagasi-bagasi yang dibawa pelajar yang terkait juga akan disanitasi," katanya.

Ismail mengatakan pihaknya menyampaikan penghargaan kepada perusahaan Marrybrown dan Gardenia karena memberi bantuan makanan bagi pelajar yang akan diantar pulang pada Senin malam dan Selasa.

"Pemerintah menghargai bantuan pihak swasta dalam urusan penghantaran pulang pelajar seperti sumbangan makanan. Bagi mereka yang berminat boleh menghubungi Kementerian Pendidikan Tinggi," katanya.

Setiba di tempat pengantaran, ujar dia, hanya satu anggota keluarga yang mempunyai kendaraan diperbolehkan mengambil mahasiswa tersebut.

"Bagi mereka yang tidak ada kendaraan, pihak barisan depan (frontliners) akan mengantar para pelajar ke rumah masing-masing. Bus direncanakan sampai ke destinasi drop-off point sekitar jam 09.00 pagi," katanya.

Pengantaran pulang mahasiswa ke Sarawak dan Sabah, ujar dia, akan dimulai 1 Mei 2020. "Bagi mahasiwa yang berada di Terengganu dan Kelantan akan diterbangkan dari Lapangan Terbang Sultan Mahmud, Kuala Terengganu. Bagi mahasiswa yang berada di zona tengah, termasuk Pahang, akan diterbangkan dari Lapangan Terbang KLIA," katanya.

Di zona utara, ujar dia, mereka akan diterbangkan dari Bandar Udara Pulau Pinang dan di zona selatan dari Bandar Udara Senai. "Mereka akan diterbangkan ke lapangan terbang yang terdekat dengan kampung halaman mereka," katanya. (OL-12)

Baca Juga

AFP/Christopher Black

WHO Bentuk Yayasan untuk Tingkatkan Pendanaan Anti-Covid-19

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Kamis 28 Mei 2020, 08:18 WIB
Upaya ini untuk membantu meringankan kekurangan uang tunai potensial saat memimpin perjuangan global melawan pandemi virus korona baru...
AFP/Karen Ducey

Kematian akibat Covid-19 di AS Lampaui Angka 100.000 Jiwa

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Kamis 28 Mei 2020, 07:57 WIB
Universitas Johns Hopkins mencatat angka kematian di AS yang dikonfirmasi tepat sebelum pukul 22.00 waktu setempat adalah 100.047 jiwa,...
AFP

Pasar Malam di Jepang di Era Normal Baru

👤MI 🕔Kamis 28 Mei 2020, 02:10 WIB
KETIKA pasar malam di Jepang perlahanlahan dibuka kembali, sekelompok operator taman bermain telah merilis pedoman...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya