Senin 27 April 2020, 17:10 WIB

Robot UVC untuk Basmi Covid-19

Abdillah Marzuqi | Weekend
Robot UVC untuk Basmi Covid-19

Unsplash
Ilustrasi robot.

SATU lagi robot diciptakan untuk membantu para tenaga kesehatan berperang di garis depan melawan covid-19. Kali ini adalah Akara Robotics dari Irlandia yang menciptakan robot yang mampu bekerja efektif mendisinfeksi covid-19 di rumah sakit maupun tempat medis lainnya.

Dilansir dari time.com, robot yang dinamakan Violet itu mengandalkan sinar UVC yang mampu merusak DNA virus sehingga tidak dapat bereproduksi. Robot ini menggunakan sistem navigasi yang dikembangkan dari robot mereka sebelumnya, Stevie, yang telah bekerja menjadi teman para lansia. 

Stevie memiliki sensor yang memungkinkannya bernavigasi secara mandiri. Sensor itu juga bisa membuatnya berhenti ketika mendeteksi keberadaan manusia. 

Maka ahli robot dari Trinity College Dublin Irlandia, Conor McGinn, bersama peneliti lainnya berpikir jika sistem navigasi Stevie sangat tepat untuk pengoperasian robot dengan sinar UVC. Sebab sinar UVC dapat berbahaya bagi mata dan kulit manusia sehingga robot yang mengoperasikannya harus mampu mencegah pemaparan pada manusia. 

Tim menamakan robot baru ini sebagai Violet. Robot itu memiliki fitur antropomorfik, tetapi lebih dirancang untuk bisa bekerja bersama manusia. Ia bisa beroperasi di ruang sempit ataupun ruang yang sulit dibersihkan, seperti kamar mandi, ruang tunggu, sudut-sudut, dan celah di ruang publik. Violet juga punya fitur pelindung pada bagian cahaya dan sensor pendeteksi gerakan, sehingga area tidak perlu dikosongkan saat Violet bekerja.

Akara memang bukan satu-satunya lembaga yang bergerak di bidang robot disinfektan. UVD Robots asal Denmark juga telah mengirim ratusan robot disinfektan ke Tiongkok dan tempat lain di seluruh dunia.

Violet baru-baru ini, dengan dukungan dari Layanan Kesehatan Eksekutif Irlandia, Violet diuji pada Rumah Sakit Regional Midland Tullamore. Tes dilakukan di ruangan dengan pemindai CT-scan. Hasilnya, Violet mampu mengemat waktu empat kali lipat dibanding prosedur disinfektan sebelumnya. (M-1)

Baca Juga

Unsplash.com/CDC

Bakteri Baik di Hidung Bantu Cegah Sinus

👤Abdillah Marzuqi 🕔Jumat 29 Mei 2020, 10:00 WIB
Temuan itu mengejutkan para peneliti. Lactobacillus biasanya tumbuh subur di daerah miskin oksigen, sedangkan hidung adalah lalu lintas...
Unsplash.com/Johnny McClung

Pentingnya Merawat Minat Baca pada Anak

👤Galih Agus Saputra 🕔Jumat 29 Mei 2020, 09:05 WIB
Mencintai kegiatan membaca, terutama sejak dini, akan berpengaruh pada tumbuh kembang...
Unsplash.com/Miika Luotio

Ini Penyebab Orang Sering Ngantuk Selama Diam di Rumah

👤Fathurrozak 🕔Jumat 29 Mei 2020, 08:05 WIB
Salah satu alasan utama mengapa orang mungkin merasa sangat mengantuk pada akhir-akhir ini adalah berkurangnya paparan sinar matahari...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya