Senin 27 April 2020, 12:55 WIB

Pelajar Kembali ke Sekolah di Shanghai dan Beijing

Basuki Eka Purnama | Internasional
Pelajar Kembali ke Sekolah di Shanghai dan Beijing

AFP/Hector RETAMAL
Sejumlah pelajar mengenakan masker akan menyeberang jalan ke sekolah mereka, SMP Huayu, di Shanghai, Tiongkok.

 

PULUHAN ribu pelajar kembali ke sekolah di Shanghai dan Beijing, Senin (27/4), setelah selama berbulan-bulan di rumah saja demi mencegah penyebaran covid-19. Hal itu membuktikan kota-kota besar di Tiongkok perlahan kembali ke kehidupan normal.

Pelajar SMP dan SMA tahun terakhir di Shanghai kembali masuk sekolah sementara hanya pelajar SMA di Beijing yang diizinkan kembali ke sekolah karena mereka bersiap menghadapai gaokao, ujian masuk perguruan tinggi.

Tiongkok sebagian besar telah sukses mengatasi pandemi covid-19 meski masih siaga seiring meningkatnya kasus impor dan gelombang kedua infeksi domestik di wilayah timur laut.

Baca juga: Tiongkok Laporkan 3 Kasus Baru Covid-19, 2 Kasus Impor

Pelajar bernama Meng Xianghao mengatakan dia sangat berhati-hati di hari pertamanya kembali ke SMA Chenjinglun di Beijing.

"Saya membawa masker, kantong sampah, dan disinfektan," ujar Meng yang naik kereta bawah tanah untuk pertama kalinya dalam tempo beberapa bulan saat para pelajar melintas melewati barisan polisi menuju sekolah mereka.

"Saya senang. Sudah terlalu lama saya tidak bertemu rekan-rekan saya. Saya kangen sekali dengan mereka," ungkap Hang Huan, pelajar berusia 18 tahun.

Sejumlah kota di Tiongkok memang telah mulai membuka sekolah-sekolah dengan Wuhan akan mulai membuka SMU pada 6 Mei mendatang.

Di Beijing, pelajar wajib menjalani pemeriksaan suhu dan menunjukkan kode hijau di ponsel mereka yang menunjukkan risiko penularan covid-19 sebelum diizinkan masuk sekolah. (AFP/OL-1)

 

Baca Juga

MI/ZUBAEDAH HANUM i

Mumbai Sepi, Warga Berlindung Sebelum Badai

👤Antara 🕔Rabu 03 Juni 2020, 23:49 WIB
Kota Mumbai akan menghadapi badai topan dan otoritas setempat pada Selasa malam bekerja sampai larut mengevakuasi ribuan orang dari area...
AFP PHOTO / ABBAS MOMANI

Jalur Gaza Gembira Masjid dan PAUD Kembali Dibuka

👤Antara 🕔Rabu 03 Juni 2020, 23:39 WIB
MASJID-masjid kembali dibuka bagi para jamaah dan anak-anak kembali ke bangku pendidikan anak usia dini (PAUD)  pada Rabu (3/6)...
AFP/MARTY MELVILLE

Lawan Kemiskinan Selandia Baru Sediakan Pembalut Gratis

👤Antara 🕔Rabu 03 Juni 2020, 23:31 WIB
Kebijakan terkini untuk melawan kemiskinan terkait menstruasi yang dikenal dengan istilah period poverty itu akan dimulai Juli mendatang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya