Senin 27 April 2020, 12:45 WIB

Polisi: Ravio Sempat Melawan Saat Akan Diamankan

Tri Subarkah | Megapolitan
Polisi: Ravio Sempat Melawan Saat Akan Diamankan

MI/Bary Fahtahilah
Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Pol Suyudi Ario Seto (kedua kiri) saat press conference penipuan properti

 

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Suyudi Ario Seto mengatakan bahwa aktivis sekaligus peneliti kebijakan publik Ravio Patra sempat melakukan perlawanan saat akan diamankan. Diketahui, polisi mengamankan Ravio pada Rabu (22/4) malam di daerah Menteng, Jakarta Pusat.

"Pada proses pengamanan, RPA sempat menghindar dan melawan dengan masuk ke dalam mobil temannya," kata Suyudi saat dikonfirmasi, Senin (27/4).

Saat itu, Ravio sedang bersama temannya seorang warga negara Belanda bernama Roy Spijkerboer. Ravio berusaha masuk ke dalam mobil Spijkerboer berplat Corps Diplomatic Kedutaan Besar Kerajaan Belanda.

Belakangan diketahui bahwa Spijkerboer merupakan diplomat Kerajaan Belanda. Polisi juga menyebutkan bahwa ia sempat menghalang-halangi kerja petugas saat akan menangkap Ravio.

"Saat RPA berusaha memberontak dan meloncat ke dalam mobil, RPA berteriak, 'Kalian tidak bisa menangkap saya di mobil diplomasi!' Namun pada akhirnya RPA berhasil diamankan," terang Suyudi.

Menanggapi hal tersebut, perwakilan tim kuasa hukum Ravio, Alghiffari Aqsa mengatakan bahwa Ravio menolak untuk dibawa oleh petugas karena polisi tersebut berpakaian preman. Selain itu, petugas yang menangkap Ravio tidak dapat menunjukkan identitas dan surat penangkapan yang dapat dikonfirmasi.

"Kalau ingin klarifikasi atau kejelasan, dipanggil secara patut sesuai KUHAP, sesuai hukum pidana, sesuai undang-undang. Jadi, kalau ingin klarifikasi ya panggil sebagai saksi, ada aturan secara patut, 3x24 jam sebelumnya, kemudian ya diperiksa dan didampingi oleh pengacara," ujar Alghif.

Sementara itu, Alghif juga tidak membantah bahwa Ravio berteriak saat akan ditangkap. Menurutnya sesuai hukum internasional, wilayah dan mobil Kedutaan Besar masuk ke dalam wilayah negara lain. Sehingga memerlukan prosedur khusus untuk dimasuki secara bebas oleh penegak hukum.

Alghif juga mengatakan bahwa Spijkerboer merupakan teman Ravio. Ia menyebut pertemuan Ravio dengan Spijkerboer pada malam penangkapan tidak terkait dengan permintaan bantuan secara resmi Ravio terhadap Kedutaan Besar Kerjaaan Belanda.

Baca juga: Kebakaran GBI Basilea Christ Cathedral Bersumber dari Lantai 3

"Ravio sudah kenal cukup lama (dengan Spijkerboer). Dan karena merasa terancam dan ada hal yang lain yang mau didiskusikan, mengontak R ini. Ketika sudah ada janjian ketemu, kemudian justru ditangkap," tandas Alghif.

Polisi mengamankan Ravio atas laporan nomor LP/473/IV/YAN.2.5/2020/SPKT PMJ tentang adanya ajakan untuk melakukan penjarahan nasional. Direktur Eksekutif Safenet Damar Juniarto mengatakan, sebelum ditangkap Ravio mengaku akun WA miliknya diretas.

“Peristiwa ini saya minta segera dilaporkan ke Whatsapp, dan akhirnya oleh Head of Security Whatsapp dikatakan memang terbukti ada pembobolan,” ujar Damar.

Namun, pesan WA itu telah menyebarkan pesan bernada provokasi yang berbunyi ‘Krisis sudah saatnya membakar! Ayo kumpul dan ramaikan 30 April aksi penjarahan nasional serentak semua toko yang ada di dekat kita bebas dijarah’. (OL-14)

 

Baca Juga

 MI/RAMDANI

Hasil Rapid Test di 58 Kelurahan di DKI, 4% Reaktif Covid-19

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 02 Juni 2020, 19:48 WIB
Mereka yang mengikuti rapid test adalah warga dengan risiko tinggi seperti lansia, ibu hamil, dan warga dengan penyandang penyakit...
Antara Foto/FAUZAN

Polri Berhasil Putarbalikan 132.582 kendaraan

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Selasa 02 Juni 2020, 18:50 WIB
Sebanyak 132.582 kendaraan diminta putar balik selama 39 hari pelaksanaan Operasi Ketupat Jaya 2020 sejak Jumat 24 April hingga Senin 1...
123rf.com

Lebih Rendah Dari Jatim, Jumlah Kasus Baru DKI Terus Menurun

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 02 Juni 2020, 18:50 WIB
Jumlah pertambahan kasus positif covid-19 di Jakarta terus menurun. Hari ini, 2 Juni jumlah kasus covid-19 sebanyak 73...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya