Senin 27 April 2020, 11:59 WIB

5 Juta Nasabah Pegadaian Kena Bunga 0% Selama 3 Bulan

Despian Nurhidayat | Ekonomi
5 Juta Nasabah Pegadaian Kena Bunga 0% Selama 3 Bulan

Antara
Petugas berbincang dengan warga yang hendak menggadaikan barangnya di Kantor Pusat Pegadaian, Jakarta, Selasa (21/4).

 

Di tengah kesulitan ekonomi masyarakat akibat pandemi covid-19, PT Pegadaian (Persero) yang sebelumnya telah mengeluarkan program relaksasi dan restrukturisasi angsuran untuk produk nongadai, dalam waktu dekat ini akan meluncurkan berbagai program terbaru.

Program tersebut akan bertajuk Gadai Peduli untuk meringankan beban nasabah yang khusus diperuntukkan pengguna produk Gadai Konvensional maupun Syariah.

"Kami berkomitmen terus memberikan berbagai kemudahan bagi nasabah, terlebih lagi pada situasi yang sulit saat ini di tengah wabah covid-19. Program pertama Gadai Peduli adalah Menetapkan bunga 0%," ungkap Direktur Utama Pegadaian, Kuswiyoto, dilansir dari keterangan resmi, Senin (27/4).

Lebih lanjut, Kuswiyoto menargetkan untuk membantu meringankan beban 5 juta nasabah gadai, di mana 3,5 juta nasabah dari existing dan 1,5 juta diharapkan dari tambahan nasabah selama bebas bunga diterapkan.

"Program ini hanya berlaku untuk nasabah yang memiliki pinjaman kurang dari Rp 1 juta. Efektif dimulai tanggal 1 Mei 2020 dan berakhir 31 Juli 2020," ujarnya.

Persyaratan program 0% bunga ini dikatakan untuk satu KK (Kartu Keluarga) dan tidak boleh lebih dari satu nasabah penerima. Untuk pembuktian, nasabah tidak perlu membawa KK saat menggadai, karena otomatis, asal pinjaman kurang dari Rp1 juta, sistem pegadaian akan memastikannya.

Sementara itu, program Gadai Peduli yang kedua ialah penundaan jatuh tempo lelang yang selama ini 15 hari, akan ditambah menjadi 30 hari, jadi ada tambahan 15 hari relaksasi.

"Program ini diterapkan kepada semua nasabah tanpa kecuali. Hal ini untuk memberikan kesempatan mengumpulkan dana kepada nasabah untuk bisa melunasi. Batas akhir waktu program akan ditetapkan kemudian," pungkas Kuswiyoto.

Pihak Pegadaian pun berharap, dengan program Gadai Peduli tersebut, bisa mengurangi beban ekonomi nasabah yang mungkin terdampak covid-19. (E-3)

Baca Juga

Dok BNI

Ini Strategi BNI Hadapi New Normal

👤Despian Nurhidayat 🕔Selasa 26 Mei 2020, 21:35 WIB
Covid-19 memang telah menjadi sebuah peluang dan tantangan baru. Keberadaannya mempercepat era Revolusi Industri...
DOK KEMENTAN

Petani Bandung Dilatih Kembangkan Pangan Lokal dari Daun Singkong

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 26 Mei 2020, 19:41 WIB
P4S Sawargi, Kabupaten Bandung, tengah membina petani masyarakat dan ibu-ibu Kelompok Wanita Tani (KWT) mengembangkan pangan lokal dari...
Antara/Raisan Al Farisi

Industri Makanan Rajai Sektor Manufaktur

👤Despian Nurhidayat 🕔Selasa 26 Mei 2020, 19:32 WIB
Data BKPM menunjukkan nilai investasi industri makanan dalam lima tahun terakhir mencapai Rp 293,2 triliun, atau dengan persentase...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya