Senin 27 April 2020, 12:00 WIB

Menkeu Optimistis Ekonomi AS akan Langsung Bangkit Pascapandemi

Basuki Eka Purnama | Internasional
Menkeu Optimistis Ekonomi AS akan Langsung Bangkit Pascapandemi

AFP/MANDEL NGAN
Menteri Keuangan Amerika Serikat Steven Mnuchin

 

MENTERI Keuangan Amerika Serikat (AS) Steven Mnuchin, Minggu (26/4), bersikeras bahwa perekonomian AS akan langsung bangkit meski ada peringatan dari pejabat Gedung Putih lainnya mengenai akibat jangka panjang covid-19 terhadap perekonomian.

Pernyataan Mnuchin itu diungkapkan saat angka pengangguran di AS meroket dan pengamat meramalkan kontraksi dalam pada aktivitas ekonomi pada tahun ini.

Dalam wawancara di acara Fox News Sunday, Mnuchin membela defisit besar karena pemerintah AS menggelontorkan uang untuk membangkitkan perekonomian.

Baca juga: Trump Bantah akan Pecat Menkes AS

"Saya rasa saat kita mulai membuka perekonomian pada Mei dan Juni, Anda akan melihat perekonomian kembali bangkit pada Juli, Agustus, dan September," ungkap Mnuchin.

"Kita juga telah menggelontorkan sejumlah besar uang ke perekonomia. Anda melihat triliunan dolar disuntikan ke perekonomian dan saya yakin itu akan berpengaruh," imbuhnya.

Kongres, pekan ini, menyetujui Undang-Undang baru untuk dana bantuan ekonomi senilai US$483 miliar. Dana itu menambah paket dana darurat yang sebelumnya disepakati pada Maret lalu sebesar US$2,2 triliun.

Sebuah paket besar lainnya, kali ini untuk negara bagian yang terhantam oleh pandemi covid-19 tengah dibahas Kongres. (AFP/OL-1)

Baca Juga

AFP/Christopher Black

WHO Bentuk Yayasan untuk Tingkatkan Pendanaan Anti-Covid-19

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Kamis 28 Mei 2020, 08:18 WIB
Upaya ini untuk membantu meringankan kekurangan uang tunai potensial saat memimpin perjuangan global melawan pandemi virus korona baru...
AFP/Karen Ducey

Kematian akibat Covid-19 di AS Lampaui Angka 100.000 Jiwa

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Kamis 28 Mei 2020, 07:57 WIB
Universitas Johns Hopkins mencatat angka kematian di AS yang dikonfirmasi tepat sebelum pukul 22.00 waktu setempat adalah 100.047 jiwa,...
AFP

Pasar Malam di Jepang di Era Normal Baru

👤MI 🕔Kamis 28 Mei 2020, 02:10 WIB
KETIKA pasar malam di Jepang perlahanlahan dibuka kembali, sekelompok operator taman bermain telah merilis pedoman...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya