Senin 27 April 2020, 08:23 WIB

Iran Berencana Buka Kembali Masjid di Daerah Bebas Covid-19

Nur Aivanni | Internasional
Iran Berencana Buka Kembali Masjid di Daerah Bebas Covid-19

AFP/ATTA KENARE
Seorang pria berdiri di depan gerbang Masjid Imamzadeh Saleh yang ditutup di Teheran, Iran.

 

PRESIDEN Iran Hassan Rouhani, Minggu (26/4), mengatakan negaranya berencana membuka kembali masjid-masjid di beberapa bagian negara yang secara konsisten bebas dari wabah virus korona (covid-19).

Menurut laman daring kepresidenan, Iran, yang merupakan salah satu negara di Timur Tengah yang paling terpukul pandemi covid-19, kata Rouhani, akan dibagi menjadi wilayah putih, kuning, dan merah berdasarkan jumlah infeksi dan kematian.

Kegiatan di masing-masing wilayah akan dibatasi sehingga daerah yang secara konsisten bebas dari infeksi atau kematian akan diberi label putih dan masjid bisa dibuka kembali dan Salat Jumat bisa dilakukan kembali.

Baca juga: Guinea-Bissau Laporkan Kematian Pertama Akibat Covid-19

Dikutip dari Channel News Asia, Senin (27/4), Rouhani mengatakan label yang diberikan ke wilayah mana pun di Republik Islam itu bisa berubah. Namun, dia tidak menentukan kapan program kode warna tersebut akan berlaku.

Dalam sebuah wawancara dengan TV pemerintah, Minggu (26/4), Wakil Menteri Kesehatan Iraj Harirchi mengatakan 116 daerah di negara itu bisa dianggap berwarna putih saat ini dan 134 daerah berwarna kuning.

Warga Iran telah kembali ke toko-toko, pasar-pasar, dan taman-taman selama sepekan terakhir karena negara itu melonggarkan pembatasan akibat covid-19.

Jumlah korban meninggal akibat virus korona meningkat 60 orang dalam 24 jam terakhir sehingga total menjadi 5.710 kematian, dengan 90.481 kasus yang dikonfirmasi, kata juru bicara Kementerian Kesehatan Kianush Jahanpur kepada TV pemerintah, Minggu (26/4). (OL-1)

Baca Juga

AFP/Christopher Black

WHO Bentuk Yayasan untuk Tingkatkan Pendanaan Anti-Covid-19

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Kamis 28 Mei 2020, 08:18 WIB
Upaya ini untuk membantu meringankan kekurangan uang tunai potensial saat memimpin perjuangan global melawan pandemi virus korona baru...
AFP/Karen Ducey

Kematian akibat Covid-19 di AS Lampaui Angka 100.000 Jiwa

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Kamis 28 Mei 2020, 07:57 WIB
Universitas Johns Hopkins mencatat angka kematian di AS yang dikonfirmasi tepat sebelum pukul 22.00 waktu setempat adalah 100.047 jiwa,...
AFP

Pasar Malam di Jepang di Era Normal Baru

👤MI 🕔Kamis 28 Mei 2020, 02:10 WIB
KETIKA pasar malam di Jepang perlahanlahan dibuka kembali, sekelompok operator taman bermain telah merilis pedoman...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya